Kamis, 25 Agustus 2011

10 Film Asia yang Tak Terlupakan

Di statistik blog ini, tidak jarang ada orang yang nyasar ke sini dengan kata kunci "film asia", atau "film asia yang bagus", dan sejenisnya. Saya bisa memahami hal itu, karena kadang saya juga mencari judul-judul film Asia yang layak ditonton lewat perambah google. Kadang saya sampai ke halaman yang tepat, dan kadang (lebih sering) keliru. Ironisnya, mereka yang nyasar ke sini berakhir di postingan yang berjudul Film Asia. Padahal postingan itu sama sekali tidak memasang list film asia. Isinya cuman celotehan ga jelas. Jadi, lewat postingan ini, saya mau melist sepuluh film Asia yang menurut saya paling bagus dan sulit dilupakan.


1. Ying Xiong: Hero (2002)

Siapa coba yang bisa melupakan film yang satu ini? Saat pertama kali beredar, film ini memang sempat jadi bahan pembicaraan. Bahkan merajai box office di Amerika. Saya yang saat itu masih duduk di bangku SMP hampir mati penasaran tiap kali melihat iklannya muncul di TV. Apa daya, nasib hidup di daerah terpencil, mau lari kemana coba kalau mau nonton film ini?

Jujur saja, saat pertama kali menontonnya saya tidak terlalu mengerti cerita dalam film ini. Saya tidak tahu kalau film ini berlatar sejarah (belum ngerti, emang dinasti Qing itu siapa?). Sekarang, film ini kadang tayang di tv swasta, dan saya masih saja terpukau. Film ini disutradarai oleh Zang Yimou, yang dua tahun kemudian membuat film House Of Flying Daggers. Sayangnya, film House Of Flying Daggers dari segi cerita sangat lemah (bahkan bisa dibilang mengecewakan). Tahun 2011 ini, dia menyutradari film berjudul 13 Flowers Of Nanjing (saya belum nonton).

Anyway, Film yang berjudul Hero ini berada di list pertama saya sebagai film Asia yang tidak mungkin dilupakan. Kapan ya ada film seperti ini lagi?


2. Portraits Of Beauty (2008)

Saat pertama kali nonton film ini, saya menontonnya tanpa subtitle. Bukan karena saya ngerti bahasa Korea, tapi karena awalnya cuman iseng aja, nonton-nonton sekilas (karena waktu itu subtitlenya belum dapat). Tapi, tanpa subtitle pun film ini mampu menghipnotis kita sampai ceritanya berakhir. Film ini bercerita tentang seorang gadis bernama Hyewon yang terlahir dengan bakat melukis yang luar biasa. Ayahnya sendiri seorang pelukis yang terkenal. Namun, karena pada masa itu (dinasti Joseon), seorang wanita tidak diperbolehkan menjadi pelukis profesional, maka si ayah lebih menaruh perhatian pada saudara laki-lakinya. Sayangnya, bakat si anak laki-laki mengecewakan, sampai kemudian ia frustasi dan memilih bunuh diri. Terus? Tonton saja sendiri... :P. *Perlu dicatat, film ini untuk dewasa. Scene-scene "dewasa" dalam film ini dibikin sangat artistik.

Film ini merupakan adaptasi novel yang berjudul Painter Of The Wind karya Lee Jeong-myeong. Sempat mengundang kontroversi karena dianggap memutar balikkan fakta sejarah. Karena Hyewon, dalam catatan sejarah Korea sejatinya memang laki-laki.

3. The Host (2006)

Film yang menggabungkan komedi dan drama, serta monster di dalamnya ini benar-benar tak terlupakan. Berikut sentilannya terhadap Amerika yang suka campur tangan urusan rumah tangga negara orang. Komedi dan drama yang ditampilkan dalam film ini juga sangat khas Korea. Hal-hal seperti wajib militer, kasih sayang keluarga, turut membentuk ceritanya. Didukung teknologi yang mumpuni, monster yang berkeliaran dan mengamuk di tengah kota terlihat meyakinkan. Ga kalah sama efek-efeknya film Hollywood.

Jadi, ceritanya bermula saat Seorang ilmuwan dari militer Amerika memerintah anak buahnya untuk membuang dua ratus lebih botol-botol berisi zat kimia berbahaya ke sungai Han. Padahal kan orang Korea sangat menghormati sungai mereka. Bertahun-tahun kemudian, cairan kimia itu membuat salah satu ikan di sungai itu bermutasi, dan menjelma menjadi monster yang mengerikan. Film ini tidak melulu soal si monster. Bisa dibilang, fokus ceritanya ada pada keluarga Park Gang-du yang berusaha menyelamatkan putrinya Hyun-seo yang diculik oleh si monster. Sejatinya film ini adalah drama keluarga, dengan mosnter di dalamnya.

4. Red Cliff 1-2 (2008-2009)

Jujur saja, tadinya saya pikir film ini akan membosankan. Tapi sekali nonton, saya langsung begadang (mengingat film ini berdurasi empat jam). Film ini diangkat dari peristiwa sejarah, diujung pemerintahan Dinasti Han. Bercerita tentang siasat-siasat perang yang disusun oleh Zhuge Liang (Takeshi Kaneshiro) dan Zhou Yu (Tony Leung) dalam rangka mengalahkan pasukan yang jauh lebih besar Cao Cao.  Karena film ini bakalan panjang banget kalau diringkas, jadi mending kalian cari sendiri DVD nya dan tonton sendiri. toni Leung bermain sangat baik dalam film ini. Red Cliff juga sempat menjadi film berbudjet termahal dan memecahkan box office di China yang sebelumnya dipegang oleh Titanic.

5. Okuribito: Departures (2008)

Film ini adalah satu dari sedikit film Jepang yang dapat saya nikmati. Soalnya, kadang saya tidak mengerti dengan drama ataupun komedi gaya jepang. Kadang terasa janggal dan akting pemainnya terkesan dingin. Film yang menggondol Oscar pada tahun 2008 ini pengecualian. Ceritanya sendiri agak muram (tapi kadang lucu), tidak jauh dari soal kematian dan kehidupan karena si tokoh utama berprofesi sebagai penghias jenazah. Profesi yang dianggap hina di Jepang.

Film ini jauh dari kata mubazir. Kita tidak dibikin bosan dengan alurnya. Akting tokohnya pun mumpuni. Dari film ini juga saya jadi tahu kalau ternyata bunyi cello itu enak juga disimak. Tidak mengherankan kalau film ini meraih Oscar untuk Best Foreign Language Film.


6. Shinjuku Incident (2009)

Kalau mendengar namanya Jackie Chan, biasanya yang terbayang di benak kita adalah adegan perkelahian yang kocak. Well, lupakan hal itu sejenak. Dalam film ini, Jackie Chan berperan serius. Bermula sebagai seorang petani daerah miskin di China, yang kemudian menjadi imigran gelap dan mengadu nasib di Jepang. Belakangan, ia menjadi salah satu penguasa yang disegani di daerah Shinjuku. Film ini jauh dari kesan-kesan   propaganda, meski filmnya sebagian besar mengambil setting di Jepang, dan musuh-musuhnya adalah yakuza. Kalaupun ada, saya ga ngerasa tuh. Tetap enjoy sewaktu nonton film ini.

Film ini tak melulu soal perklahian. Tetap ada bumbu percintaannya. Konflik batin para tokohnya, baik dengan diri mereka sendiri, dengan teman sesama geng, maupun dengan kelompok lain. Pokoknya saya suka film ini. Tidak menyangka Jackie Chan bisa berperan serius.

7. The Man From Nowhere (2010)



Film ini kan pernah saya review di sini kan ya? Sempat menjadi film paling laris tahun 2010, ngalahin SALT nya Angelina Jolie. Dan menurut saya, dari segi cerita film ini memang jauh lebih bagus. Kehadiran Somee, anak perempuan yang tersisih dan kesepian, membuat film ini lebih sentimental. Chemistri antara Thai Sik dan Somee membawa film aksi ini ke level yang berbeda. Belum lagi adegan perkelahian dengan pisau swiss (yang seumur-umur baru kali ini saya lihat) sebagai klimaksnya. Tidak, saya tidak akan lupa sama film yang satu ini. :)

8. Confessions (2010)

Jreng..jrengg.. sampailah kita ke nomer delapan #mulai pegel. Film ini pernah menjadi official entry nya Jepang untuk Academy Awards kemarin. Tapi sepertinya ga lolos ya? Walapun demikian, film ini tetap layak ditonton. Bercerita tentang seorang guru Yoko Moriguchi yang ingin membalas dendam atas kematian putri semata wayangnya. Bagaimana tidak sakit hati coba? Yang membunuh putrinya adalah muridnya sendiri. Pasalnya, di Jepang, anak-anak remaja yang melakukan tindakan kriminal tidak akan dihukum, mereka malah dilindungi oleh hukum. Hal ini membuat si pelaku (dua dari muridnya) tidak menyesal sama sekali. Maka, Yoko pun menyusun sendiri skenario untuk balas dendam. Bukan balas dendam biasa. Ia punya caranya sendiri.

Scene-scene dalam film ini membuat kita enggan untuk beranjak. Plot-plot twist-nya mengingatkan kita akan plot dalam komik-komik detektif: BRILIAN!

9. 3 Idiots (2009)


Saya tidak mengerti, kenapa film My Name Is Kahn lebih bergema ketimbang film yang satu ini. Apa karena film itu didistribusi oleh Hollywood? Atau karena filmnya mengangkat tema terorisme? Bukannya saya menganggap film My Name Is Kahn jelek sih. Tapi kalau disuruh memilih film India mana yang lebih bagus, pilihan saya akan jatuh pada film yang satu ini :). *Slumdog Millionaire termasuk film India ga sih? kalaupun dibandingkan dengan Slumdo Millionaire, rrr..... pilihan saya tetap jatuh ke film ini. kenapa? Film Slumdog Millionaire tuh nuansa Hollywoodnya kental banget. Tidak ada humor-humor lebay khas india. Ga ada nyanyi-nyanyi dan joget ga jelas. jadi berasa ga nonton film India, ya kan? Sementara dalam film ini, kita tetap bisa menikmati humor-humor lebay bin ajaib itu. Tetap ada adegan nyanyi dan joget yang komikal, dan kadang ga masuk akal itu.

Dan yang terpenting, ceritanya ngena. Terutama untuk anak-anak kuliahan yang tidak menikmati perkuliahan mereka. ha-ha-ha-ha#ketawa garing.

10. A Man Who Was Superman  (2008)

Menutup list kita kali ini, kita bertemu lagi dengan film dari negeri ginseng. Yeah, Korea memang ga ada matinya. Film drama yang satu ini cukup spesial. Bercerita tentang seorang produser di TV lokal bernama Song Su-jeong yang sangat ambisius dan jutek, punya impian untuk punya acara sendiri seperti Oprah Winfrey, dimainkan oleh Gianna Jun. Si produser ini mulai bete' karena berbulan-bulan belum juga dibayar. Padahal acaranya yang mengangkat tema kemanusiaan cukup berhasil. Akhirnya ia memutuskan untuk pergi ke Afrika, dengan membawa kamera milik perusahaannya. tapi baru sampai di stasiun, kameranya dicuri. (sampai di sini, ceritanya kedengaran biasa ya?)

Tapi ia akhirnya dibantu menangkap perampok oleh laki-laki gila yang yakin bahwa dirinya adalah superman. Sebagai laki-laki gila, ia memang tergolong aneh. Kerjanya adalah membantu setiap orang yang ia temui. Drama yang penuh pesan kemanusiaan (tentu saja), sekaligus kocak. Sepanjang film kita juga berada antara yakin dan tidak, apakah dia adalah superman yang sebenarnya atau hanya orang gila yang delusional. hmmmm?


Kalau sepuluh film di atas masih kurang, coba film-film berikut ini: Heaven's Door (J Movie, 2009: Tomoya Nagase, Mayuko Fukuda), Memoirs Of Murder (K Movie, 2003: Song Kang ho), Air Doll (J movie, 2009: Bae Doona), Balzac And The Little Chinese Seamstress (C Movie, 2002: Xun Zou, Kun Chen, Ye liu).


Lihat juga: List Film Korea



.



32 komentar :

  1. beuhhhh... satu pun dari list datas gak pernah saya nonton. hahahaha

    BalasHapus
  2. pernah nonton potrait of beauty soalnya ada kim nam gil nya cuma gak dilanjutin ,whhahha..

    BalasHapus
  3. sangat iri, 10 film di atas belum nonton semua T_T

    BalasHapus
  4. muheee :( cuma tau Departures ama 3 Idiots aja, itupun yang Departures cuma liat resensinya belum nonton :P

    kayaknya rame nih yang confession :D ak nyari ah #gila download :D

    BalasHapus
  5. Pernah nonton yg Shinjuku Incident, Confessions ama 3 idiots lainnya malah baru tau haha... :) dan jujur awalnya aku gak pernah mau disuruh nonton 3 idiots karena ku kira bakalan berakhir joget2 gak jelas kaya film India lain, tapi setelah secara gak sengaja aku nonton ternyata ini emank bener2 film keren dengan tema persahabatan. salu sama ide cerita film itu hhe...

    Boleh nambahin gak Sob? aku suka film yg baru2 ini rilis di Blitz, film asal Thailand judulnya Dear galileo, entah kenapa aku suka sama cerita film itu hhe... sama 1 film asal jepang yg sampe detik ini belum bisa dikalahin sama film Hollywood sekalipun menurutku judulnya BECK *inspirasi dari anime... :)

    moga yg pada nyasar bener2 nemuin list film asia yg bener disini :)

    BalasHapus
  6. Cyaam@
    hahaha, ayo nonton makanya. keren-keren loh :))

    EnnyLaw@
    gak dilanjutin?? aku malah nonton sampe tiga kali. Apa empat kali ya?

    John Terro@
    yupz, betul. :D

    Ajeng@
    uuuu kasiaaann... :)). Moga suatu hari kelak dapat kesempatan nonton..

    Tiara Putri@
    Yang Departures keren loh. yang Confessions juga. gambar-gambarnya ajiib, bikin males merem.

    Ferdinand@
    sama, saya juga dulu g tertarik nonton. Nontonnya pun ga sengaja,dan ternyata memang bagus.

    Dear galileo sama Beck ya?? Ok, nanti saya buru tuh film. (film Thailand di Jogja kayanya ga muter)

    tanks all...

    >>bagi teman2 yang mau menambahkan list monggo. diterima dengan senang hati.

    BalasHapus
  7. semuanya nggak pernah saya tonton...

    ahahahaha...

    nggak ada pelem indonesia ya ternyata...

    BalasHapus
  8. film Indonesia banyak yang bagus juga.. Tapi nanti ada listnya sendiri. :)

    BalasHapus
  9. Kayanya idem sama yang lain2 deh. Nggak ada satu pun yang pernah aku tonton. Sempat penasaran sama 3 Idiot, tapi sampe sekarang tetap belum nonton.

    BalasHapus
  10. hmm saya setuju sama pendapatnya kamu yang bilang slumdog ga bagus dan hollywood sekali (kaku sekali bahasa gw yah? ini bukan gaya gw. :p). soal 3 idiots dulu sempet tertarik tonton tapi gwnya ga pernah ada waktu hud. moga diputer di TV ato moga versi bajakannya udah keluar. jadi tambah penasaran pengen nonton... :D aaaarrrrrrrrrgggggghhhhhhhhh

    BalasHapus
  11. Wah reviewnya keren2, segera gua download deh. Terutama pengen nonton yg no 10 ;p

    BalasHapus
  12. dari smeua film yang diulas diatas satu yang PASTINYA sudah saya tonton bahlan sampai berulang kali.
    Yah 3 idiots yang digawangi oleh Amir Khan emang manteeep banget nilai moral dan persahabatannya.

    BalasHapus
  13. yak, pas banget.. dari kesepuluh pelem itu.. satupun blom pernah nontonin. wak waaaww.... kesian yah saya, nggak sempet nyai2 filem gitu.
    ngga banya waktu kayak dulu pas masih kuliah. hahaha..

    errr.. tapi Da, boleh minjem kalo kamu punya?. #teteep

    BalasHapus
  14. hahaha..dari sepuluh film itu aku cuma baru nonton 3 idiots..yang lainnya baru tau dari postingan ini... :p

    BalasHapus
  15. Eeh...
    Huda bikin juga ternyata.
    Dari dulu mau bikin list juga untuk film yang baru ditonton (film non Hollywood), pertamanya sih tentang film India. Tapi, sampe sekarang tulisan itu nganggur belum diselesaikan juga.
    Secepatnya deh.

    Kalau untuk film India, ada satu lagi tuh yang bagus TARE ZAMEEN PAAR, Like Stars On Earth.

    Entah kenapa saya ngerasa, situ bisa suka banget sama film ini. Tonton sana, siapa tau bisa masuk list juga. wkwkwk...

    BalasHapus
  16. selain 3 idiots, film yg lainnya kabur. baru dengar.
    tp yg no 2 itu apa ceritanya sma ma drakor Painter Of The Wind yg series itu yah?

    BalasHapus
  17. iya bener kata kak Achi yg komen di atas saya. selain 3 idiots, film yg lainnya blm pernah nonton dan blm pernah tau. penasaran sama film Okuribito: Departures :)

    BalasHapus
  18. eh ternyata yang Confession itu menyeramkan
    seperti yang direview oleh Luphsetsuna >_<

    BalasHapus
  19. departures saya pernah liat di metro tv
    3 idiot pengen nonton tp belum bisa2
    tertarik dengan judul confession
    dan jadi pengen nonton yg lainnya juga.... >.<

    BalasHapus
  20. wah bagus juga nih buat jd referensi. film asia skrg makin banyak yang bagus-bagus yah,,, denger-denger film thailand skrg yg lagi booming tuh.

    BalasHapus
  21. Wuih, hebat deh, katalog pilem saya gak ada apa2nya dibandingkan ini semua... :D
    Saya penganut film barat sih... ^^

    Ngomong2, di mana "Ladda Land" dan "Coming Soon"? Kduanya pilem horor Thailand. :D

    BalasHapus
  22. saya kenalnya 3 idiot doang..hahaha
    dia lebih beken daripada khan mungkin sasarannya anak muda. anak muda kan gampang mem-booming-kan sesuatu..:)

    BalasHapus
  23. Taqabbalallahu Minna Wa minkum…
    Minal Aidin Walfaidzin, maap lahir bathin yiaahh ^^

    BalasHapus
  24. gw bikin juga postingan kayak gini tapi versi indonesia

    http://emmanuelthespecialone.blogspot.com/2011/08/10-fim-indonesia-terbaik-menurut-saya.html

    BalasHapus
  25. sangat ingin menonton kokuhaku (confessions)>_<. kalo gak salah film ini memenangkan JAP sbg film terbaik walaupun 4 kategori utama utk pemerannya diambil sama Akunin

    BalasHapus
  26. film numer 7 pernah nonton dan ceritanya sih biasa cm adegannya waktu berkelahi oke banget...
    :)

    kalo 3 idiots emng inspiratif banget.....

    BalasHapus
  27. Wah penggemar film Asia ternyata. Saya suka 3 Idiot coz saya suka film Bollywood. Keren film itu sarat nilai kehidupan.

    BalasHapus
  28. hahaha.
    lg mampir di warnet.
    trus pengen nyari film asia apa yg kira" bagus.
    pas googling malah nemu link ini,yaudah deh..

    thx infonya ya hud.

    BalasHapus