Jumat, 19 Agustus 2011

Lagu Dan Kenangan

Kadang, terpikir oleh saya kalau lagu itu seperti kotak penyimpan kenangan. Misalnya, karena sepenggal lagu yang kebetulan kita dengar di tempat umum (di dalam bis, misalnya), sontak kita terlempar ke masa-masa tertentu dalam hidup kita. Mungkin karena kebetulan lagu itu adalah lagu favorit saat remaja, atau bisa jadi sebaliknya, lagu yang sangat dibenci. Atau bisa jadi lagu itu lagu kesukaan seseorang yang kita kenal pada suatu masa.

Sentimental, ya?

Saya pikir, setiap lagu memang memiliki kekuatan magis tertentu. Tidak peduli apa aliran musiknya. Mereka selalu punya potensi untuk membekukan salah satu momen hidup kita. Mungkin pada masa-masa itu kita tidak menyadarinya. Kita mendengar lagu-lagu itu karena kita menyukainya saja. Hingga bertahun-tahun kemudian, pada suatu sore yang mendung, tahu-tahu lagu itu mengalun dari radio di kamar sebelah. Kemudain tanpa aba-aba, di hadapan kita langsung  terbentang dunia yang dulu pernah kita tinggali. Lengkap dengan orang-orang yang mengitari kita saat itu, lengkap dengan mataharinya, dengan jalan-jalannya, dengan senyum atau lirikan malu-malu dari orang tertentu. Lengkap dengan aroma karat dari besi tua yang bercampur dengan aroma laut, permen yang lumer, kapal yang naik turun, serta langit dan air laut yang muncul bergantian di jendela.

Kalau di wikipedia tuh, baru saja saya baca kalau kata nostalgia berasal dari bahasa Yunani yang akar katanya "nostos" yang berarti "returning home"--mungkin maksudnya pulang/kembali :))--dan kata "algos" yang berarti "luka/pain".

Mungkin itulah yang sebenarnya terjadi saat lagu-lagu itu melempar kita dalam kenangan. Lagu itu membuat kita kembali menziarahi masa lalu kita. Seindah apapun, sesemarak papun masa itu, pasti ada desir kesedihan (algos) yang menyertainya. #halah bahasanya.

Bagaimana dengan kalian? Pernahkah kalian terlempar ke masa lalu saat mendengar sebuah lagu (tanpa sengaja)?


26 komentar :

John Terro mengatakan...

seperti mendengar lagu "berjelaga jika kusendiri" sangat mengingatkanku pada masa SD yang indah
dimana saya masih cupu dalam berpuisi hingga sekarang yang sudah menggilai puisi :)

Rawins mengatakan...

emang kalo masa lalu selalu tentang luka ya..?

Elkahive mengatakan...

pernah, waktu dengar lagunya anggun c sasmi dan Do As Infinity :)

rabest mengatakan...

nnah,..that's why aku suka banget denger radio..bikin nggak sabar dapat kejutan apa..

yap! kejutan! kadang, lagu yang diputer itu sesuai sama suasana hati kita, kadang juga tiba-tiba mengingatkan kita masa-masa yang udah laamaaaa sekali.... sensasinya susah dijelaskan.. :D

Ajeng Sari Rahayu mengatakan...

pernah, lagu yang sampai2 aku tanyakan apa artinya karena memang berbahasa Arab, membuat hatiku dirundung pilu mengingat masa lalu...membuatku tersenyum malu, ketika mengingat cenkokan nadaku di depan puluhan orang, membuat mataku berair karena harunya aku saat mendengar lagu itu, sampai membuatku menyanyikan lagu ini lagi berkali2 lalu ku rekam di hp dan tahulah aku kalau sekarang suaraku pas-pasan -.-"

Ajeng Sari Rahayu mengatakan...

pernah, lagu yang sampai2 aku tanyakan apa artinya karena memang berbahasa Arab, membuat hatiku dirundung pilu mengingat masa lalu...membuatku tersenyum malu, ketika mengingat cenkokan nadaku di depan puluhan orang, membuat mataku berair karena harunya aku saat mendengar lagu itu, sampai membuatku menyanyikan lagu ini lagi berkali2 lalu ku rekam di hp dan tahulah aku kalau sekarang suaraku pas-pasan -.-"

Huda Tula mengatakan...

John Terro@
jaman SD? giyahahah, lagu itu pas saya jaman SMP.

Rawins@
enggg nga' mesti si..
lupakan saja tulisan ga jelas ini... --

Rapi@
oh yaaa??? tapi kalau lagunya nebosenin, ga sabar juga ganti chanel. :))

Ajeng@
kadang meski kita ga tahu maksud lagunya ya? suara lagunya aja udah bisa bikin kita terkenang..

Hoeda Manis mengatakan...

Kalau dengar lagu "Begadang"-nya Rhoma Irama, ingatanku akan terdampar ke sebuah bioskop murahan di kotaku, saat aku nonton extra show ketika bolos sekolah. Kenangan yang dapat diingat dengan senyum, namun menyimpan segores luka. Atau mungkin pula luka yang dapat dikenang dengan senyuman.

YeN mengatakan...

Hampir selalu. tapi dengan level yang berbeda-beda. Sejak TK saya udah punya soundtrack..
Coba saja sebut satu lagu kenangan saya, maka saya akan bisa bercerita panjang tentang masa itu, sesudahnya dan sebelumnya.

btw kalo benar arti kata nostalgia seperti itu maka saya adalah orang yg sering terluka ya #suram

YeN mengatakan...

kelupaan subscribe nih

John Terro mengatakan...

@Huda Tula: emang hud, loh bukannya itu sudah sejak waktu SD yah adanya

cz aku masih teringat saat itu ane disukai sama seorang cewek, hehehe
dan itu saat aku SD

@YeN: kehidupanmu memang suram yen
hahaha

Ajeng Sari Rahayu mengatakan...

Apalagi kalau ada terdengar lagu keroncong, rasanya berdesir-desir keingetan pas di Jawa trus jadi pengen pulang >.<

KoskakiUngu mengatakan...

hu'um sering,
apalagi kalo dengar lagu indonesia raya, ngingetin saya pernah dapat hukuman gara2 telat datangnya... *ngek

Fiction's World mengatakan...

soundtrack of life gitu ya :D
ak juga gitu, denger lagu langsung deh keinget ama peristiwa yang telah dialami, tawa dan sedihnya kerasa :D
lagu Air & Api deh ngingetin masa SMA banget, secara itu lagu kebangsaan nomor dua pas SMA :P

Sulhan Habibi mengatakan...

Waaah, saya sering banget tuh.
Bahkan kadang sebuah lagu yang kadang lupa dulu suka, ketika didengerin bisa membolak-balikkan suasana hati.

Saya setuju, memang lagu dapat menjadi penyimpan kenangan =)

NuellubiS mengatakan...

lagunya trio kwek-kwek yang ada lirik 'kuingat masa kecilku' bikin gw jadi inget masa2 kecil gw. lagunya tuh ada di album terakhirnya mereka.

Yus Yulianto mengatakan...

lagunya peterpan, ada apa denganmu.

Anakin Skywalker mengatakan...

salam kenal. blognya boleh difollow?

Huda Tula mengatakan...

Hoeda Manis@
hmmm...berarti pas jaman itu Bung Roma lagi happening bg yak? yang paling saya ingat dan membuat saya terkenang dari lagunya roma irhama tuh, lagu "Zulfikar". :))

YeN@
hahahaha, kamu sering bernostalgia ya? kadang ada kesenangan tersendiri juga di dalamnya (bercampur dengan rasa sedih).

John Terro@
iya, itu bearti, kita beda generasi, heheheh. (sayanya aja yang lupa usia, heheh, maaf)

Ajeng@
hahahah, ayoh mudik ke Jawa makanya. :)

Faiza@
LOL. ternyata bandel dari dulu kamu yah? cheeers...

Tiara Putri@
oh ya? hehe, Naif bakalan heboh banget tuh kalau tahu lagunya jadi lagu kebangsaan nomer dua. eh, yang nyanyi air dan api itu kan band Naif ya?

Sulhan Habibi@
lagu memang ajaib.. =)

Nuel@
eh, penggemar 3 kwek-kwek ya? aku inget lagunya yang "katanya". Sekarang sudah ga ada penyanyi cilik lagi ya? jarang. kasian anak-anak di masa depan ga punya lagu anak-anak untuk dikenang. :(

Yus Yulianto@
wohohoh, ada kisah apa di balik lagu itu bung Yus?

Anakin Skywalker@
monggooo... :)

Kimi mengatakan...

Awww... Jangan ditanya deh, Hud. Saya mah suka terbawa emosi kalo dengerin lagu. Kadang suka inget2 siapa2 gitu. =))

Euis Maharani Rachmad mengatakan...

denger lagu2nya ebiet jadi inget sama papa dan rumah saya di kabupaten sanggau yang asri dan sejuk.
entah kenapa lagu seperti menyimpan makna tersendiri. ada daya magisnya.
Tiba2 saja saya merasa BENAR2 ada disana/ ditempat itu. dengan tanggal dan hari yang sama.

NuellubiS mengatakan...

dulu sih iya .... waktu kecil suka lagu2nya trio kwek2... :D

dan bener katamu. sekarang udah ga ada lagi penyanyi cilik. padahal dulu, banyak banget penyanyi cilik, mulai dari yang asal nyanyi ampe yang suaranya bagus banget. ku masih ingat dulu ada cindy cenora, maissy, joshua, geovani, saskia, aan, dll, dsb.....

L mengatakan...

setuju banget!
kaya saya yg selalu inget masa sd kalo denger backstreet boys. masa smp kalo denger simple plan. masa sma kalo denger phantom planet. mixed up huh? hehe

but it's true. it almost like fragrance. it saves memories. magical!

Huda Tula mengatakan...

kimi@
hahahaha... semoga yang diingat balik mengingat.. #maksudnya apa coba?

Euis Maharani Rachmad@
:)

Nuel@
heheh, masih inget bener kamu yah? dulu acara TV memang ramai sama acaranya anak-anak. sekarang udah digusur sama acara remaja dan dewasa. :))

L@
magical!!

yayack mengatakan...

kalau bau pewangi molto maka saya terlempar pda ingatan saya waktu msh SMU dimana sya waktu itu nyuci baju sendiri di setiap habis pulang sekolah hahaha...kalau bau pewangi molto maka saya terlempar pda ingatan saya waktu msh SMU dimana sya waktu itu nyuci baju sendiri di setiap habis pulang sekolah hahaha...

Kimmi mengatakan...

waaaa...i did. since i couldn't sing, i loved to re-member all songs around me. Yah pokoknya gitu lah hoed. #apa coba?