Born Blue


Judul: Born Blue (Terlahir Sedih)
Penulis: Han Nolan
Penerjemah: Myra Karlina
Penerbit: Serambi Ilmu Semesta
Cetakan I: April 2006 M


Jenie terlahir untuk menjalani hidup yang keras. Berpindah-pindah tempat tinggal, hamil di usia muda, krisis identitas, dan kekerasan fisik. Satu-satunya yang membuat ia bertahan adalah obsesinya terhadap musik. Keinginan untuk menjadi penyanyi seperti Etta James, biduanita idolanya, membuat ia tetap hidup.



Sinopsis
 Jenie ditemukan tenggelam di Teluk Meksiko. Usianya masih 4 tahun saat itu. Kemudian oleh dinas sosial setempat ia diserahkan kepada pasangan Patsy dan Pete, tinggal bersama mereka di rumah yang bau, bertemu Harmon dan bayi-bayi yang datang dan pergi

Rumah Patsy dan Pete menjadi tempat penampungan bayi-bayi yang hendak diadopsi. Tapi, bagi Jenie yang sudah 4 tahun dan Harmon 7 tahun, siapa yang mau mengadopsi mereka?

Harmon dan Musik
Ada dua hal yang dicintai Jenie di dunia ini. Yakni Harmon yang telah menjadi saudaranya, serta musik—terutama para biduanita itu.

Harmon memiliki koleksi kaset-kaset warisan ayahnya. Tiap sore, secara diam-diam Jenie dan Harmon akan mendengarkan musik di basement. Melalui Harmon-lah Jenie mengenal musik dan menjadi terobsesi dengan Etta James, seorang biduanita kulit hitam.

Dalam masa-masa penting perkembangannya, Jenie lebih akrab dengan orang-orang kulit hitam. seperti Harmon, dan Doris, seorang petugas sosial yang mengajak mereka jalan-jalan tiap hari minggu dan mentraktir es krim.

Jenie merasa satu-satunya yang berharga di dunia ini adalah menjadi kulit hitam dan penyanyi. Jenie yang tidak pernah tahu siapa ayahnya meyakini bahwa ayahnya afro... Ia lebih senang mengaku sebagai campuran kulit hitam. kelak, ia mengganti namanya menjadi Leshaya, nama anak perempuan Doris yang meninggal.

Tiga tahun tinggal di rumah Patsy dan Pete, akhirnya Harmon diadopsi oleh pasangan James. Tapi Jenie tidak seberuntung Harmon. Suatu siang ia dijebak ibunya dan dilarikan dengan mobil.

Mama Linda yang sudah kecanduan parah menjual Jenie demi heroin kepada seorang pengedar, Micht dan istrinya Shell. Semenjak saat itu Jenie tinggal di rumah Shell dan Micht, tinggal di kota lain dan diasuh oleh Shell.

Hidup bersama Shell dan Micht mungkin masih lebih baik daripada bersama Patsy dan Pete. Namun Leshaya tidak lama tinggal bersama mereka . suatu hari sepulang dari sekolah, Shell dan Micht dibekuk oleh kepolisian dan dijebloskan ke penjara, sementara Leshaya diam-diam melarikan diri

Kemudian ia berpindah-pindah tempat, tinggal di rumah keluarga James, diasuh oleh Victory, menumpang di rumah Rosalie, dihamili, dan menggunakan Heroin seperti ibunya

My Comment
Tumbuh besar dengan cara yang berbeda dari anak-anak lainnya menjadikan Leshaya sebagai remaja bermasalah. Egois dan seringkali menyebalkan...menyulut pertengkaran dan merugikan dirinya sendiri. Banyak orang-orang yang mencoba mengulurkan tangannya untuk membantu Leshaya, tapi kemudian sia-sia.... Sebagian besar karena ulah Leshaya sendiri.

Lewat sudut pandang Leshaya, setidaknya kita mendapat gambaran bagaimana uluran-uluran tangan itu tidak pernah berhasil ‘menyentuhnya’... mengapa komunikasi-komunikasi itu gagal dan menyebabkan Leshaya melakukan kesalahan yang berulang...

Dalam kehidupan nyata saya pikir hal ini juga sering terjadi.

Yah, lewat novel ini kita mendapat pemahaman semacam itu. Tidaklah mengherankan bila novel ini akhirnya menyabet banyak penghargaan.

Hal-hal Menarik
>> salah satu bab yang paling menyentuh dari novel ini adalah ketika Leshaya berada di rumah pantai mengurusi ibunya. Setelah bersikeras menolak, akhirnya, untuk pertamakali—dan terakhir—ia menyanyi untuk Mama Linda, sambil membersihkan tempat tidur ibunya.

>> novel ini meraih penghargaan Best book for Young Adults, New York Public Library Book For The Teenage, Junior Library Guild Selection, dan School Library Journal Best Book of the Year..

>> Selain Born Blue, novel yang ditulis oleh Han Nolan adalah Send Me Down A Miracle dan Dancing On The Edge.Sebenarnya masih banyak, tapi ga tau, yang sudah diterbitkan dalam bahasa indonesia apa saja... atau kunjungi situsnya: http://hannolan.com/work7.htm