Efek Ngeblog Bagi Saya

Segala hal pasti punya efek! Ya nggak? Efeknya bisa ke samping, ke depan, ke belakang, ke atas ataupun ke bawah. Efeknya bisa ke mana saja dan bisa apa saja. Yang namanya nge-blog mesti punya efek juga kan? Efeknya bisa baik dan bisa saja buruk. Intinya... pasti ada efek. Titik! Ojo protes.

Lalu apa efek ngeblog bagi saya?

Saya melihat, semenjak saya aktif ngeblog begini, saya jauh lebih rakus terhadap pengalaman-pengalaman sehari-hari. Somehow, ngeblog membuat saya seperti melihat ada cerita di tiap hal. Tiap sudut. Tiap pengalaman seolah punya nilai untuk dibagi. Mencari tahu apa yang benar-benar menarik. Meski tentu saja apa yang menarik bagi saya belum tentu menarik juga bagi orang lain.


Sikap so' filosofis (baca: suka melamun) saya juga menjadi semakin parah. Dikit-dikit saya bertanya dan merumuskan kesimpulan-kesimpulan yang masuk akal atas pertanyaan tersebut. Tentu saja bagi yang baca tulisan saya di sini akan tahu bahwa usaha saya itu tak berhasil banyak. Kebingungan-kebingungan sehari-hari soal musik dan kamera hanyalah kebingungan-kebingungan yang...yang tak terlalu penting untuk dibahas. Saat dibagi di sini, tetap saja kebingungan-kebingungan itu kedengaran gelisah. Dan sekali lagi semua itu sama sekali tidak penting! Sikap suka melamun saya memang tak pernah penting sama sekali. Ajaibnya di sini saya bisa ngelamun sesuka hati dan....kadang lamunan saya diapresiasi. (atau mungkin diapresiasi atas dasar sopan santun saja)

Efek lain dari dunia ngeblog adalah.... saya seolah-olah paham apa yang dimaksud oleh James Cameroon lewat film: AVATAR. Atau dasar sayanya aja yang so' paham. Tapi... coba Anda pikirkan sekali lagi, bukankah dunia maya sama halnya dengan planet Pandora dalam film tersebut? Sang tokoh utama—saya lupa namanya—dalam tubuhnya yang asli tak bisa berjalan. Dia terpaksa duduk di kursi roda. Namun sebagai Na'vi, dia bisa berlari, melompat, dan memanjat pepohonan.

Saat kita duduk di depan layar dan mulai online, kita seperti memasuki kapsul di mana tubuh kita tak banyak bergerak. Yang bertualang selanjutnya adalah pikiran kita. Kesadaran kita. Saat melompat-lompat dari satu halaman blog ke halaman blog yang lain, yang melompat-lompat di sini adalah diri kita yang lain, avatar kita, Na'vi kita!

Saya tidak mengatakan bahwa kita semua yang ngeblog di sini punya kepribadian ganda. Tapi, yang coba saya katakan di sini adalah, hal-hal yang tidak bisa kita lakukan di kehidupan sehari-hari bisa kita lakukan di sini.

Kita bisa berkoar-koar selama bermenit-menit tanpa diinterupsi oleh siapapun. Kita bisa menceritakan apa saja yang belum tentu ada pendengarnya di kehidupan nyata. Kita berbicara dengan orang yang bermil-mil jauhnya. Jika di kehidupan nyata kita tidak pernah bertemu, di sini kita seperti bertetangga. Makanya kadang ada yang menulis: “di blog sebelah ada yang nulis bla-bla bla-bla....”. Solah-olah blog kita ini adalah rumah dan kita bisa bertetangga dengan siapa saja.

Kita—entah bagaimana menjelaskannya—mendapat kompensasi atas keterbatasan kita di kehidupan sehari-hari. Sebagaimana si tokoh utama dalam film Avatar yang bisa berlari saat menjadi Na'vi, di dunia blog kita berlarian dari satu halaman ke halaman lain. Bertualang dan memetik buah pikiran dari blogger yang satu dan blogger yang lain. Kita bisa melakukannya dengan berisik atau bisa juga dengan kalem. Menjadi pembaca yang ribut ataupun menjadi penyimak yang pendiam. Bisa dengan basa-basi bisa juga pedas dan cuek bebek.

Di dunia nyata menyimak pikiran orang lain tak semudah di dunia blog. Kita tak cukup sabar untuk mendengar orang berbicara berjam-jam. Kita tak bisa dengan mudah memilih siapa saja yang ingin kita datangi dan dengarkan ceritanya. Menjadi blogger rasanya seperti menjadi warga negara sebuah negeri yang..mmm... ajaib?? Dunia yang dipenuhi oleh cerita. Dipenuhi oleh renungan. Dibanjiri oleh hikmah—plus sampah. Kadang ada yang nakal. Kadang ada yang tempramental. Kadang ada yang erotis.... ada yang penuh kebohongan, ada yang penuh kemarahan. banyak deh...

Yang pasti di sini kita jauh lebih bebas dan lebih mudah memilih. Kita jauh lebih bebas dan lebih mudah memilih (saya katakan ini dua kali). Intinya... di dunia blogging, atau kita sebut saja planet Pandora, para Blogger atau Na'vi, jauh lebih bebas dan lebih mudah memilih----->hahahaha, jadi tiga kali deh. Ya intinya itu si; sebagai blogger kita menjadi mahluk yang jauh lebih bebas dan lebih mudah memilih serta jauh lebih bebas dan lebih mudah memilih.


Tapi itu efeknya bagi saya sih.
Bagaimana dengan Anda?
.

Komentar

  1. hemm analogi yang bagus disamain ama AVATAR.. tapi bener juga kadang, soalnya kita di dnia maya dan ngeblog tuh kadang berperan sebagai avatar..

    BalasHapus
  2. bagus blognya ,
    mari bertukar link dgn blog saya
    http://blog.umy.ac.id/tutorialblogging/
    kalau mau kabarin ya.
    salam kenal :)

    BalasHapus
  3. Efek ngeblog bagi saya itu saya jadi semakin rajin baca. Soalnya, you can't write when you don't read. Belum lagi kalo membaca blog orang lain yang tulisannya bagus dan pinter-pinter. Mau gak mau untuk mengimbangi (atau setidaknya untuk lebih memahami) saya harus banyak baca untuk tahu lebih dalam tentang apa yang dia tulis.

    Ehm... Itu sih efek ngeblog bagi saya loh ya. :D Bagi orang lain lagi mungkin berbeda.

    BalasHapus
  4. gaphe@ hum! (ga tw komen balik apa, hee)

    TB@ saya sudah berkunjung balik. keren juga blognya?? hee dari UMY? boleh, ayo kita tukeran.

    kimi@ betul sakali Kimi.. hehehe. saya juga sering sirik ma mereka yang kayanya tahu aja apa yang lagi diomongin. btw, sebenarnya review2 di blog mu juga bikin saya jadi lebih rajin negreview buku belakangan ini.. (setelah vakum sekian lama). trims ya...

    BalasHapus
  5. betulbetulbetul, berasa di film avatar . apalagi di blog bisa ngeluarin unek-unek jg

    BalasHapus
  6. sebagai blogger kita menjadi mahluk yang jauh lebih bebas dan lebih mudah memilih serta jauh lebih bebas dan lebih mudah memilih, what the meaning ? :|

    BalasHapus
  7. udah saya pasang link kamu di
    http://blog.umy.ac.id/tutorialblogging/link-teman/
    silahkan di cek, ditunggu link sayanya :)

    BalasHapus
  8. efek yang sama kayaknya sobat. wah, pengalaman universal

    BalasHapus
  9. ngeblog membuat hidup saya lebih berwarna..

    BalasHapus
  10. good analogi guys..!!

    ngeblog buat gw adalah dimana gw bisa berekspresi, bercerita, dan tentunya BERCELOTEH dengan bebas. Wdari yang katrok sampe yang bikin gw kesel gw bisa cerita...hehehe

    BalasHapus
  11. efek nge blog buat saya : bisa lebih leluasa bernafas. (lebay.com)hehehe.. abisnya di blog bisa ngoceh apa aja yang kadang gak ada yang mo ngedengerin di dunia nyata.. wkwkwk..nelangsa banget ya..

    yah..setidaknya dengan begitu bisa mengurangi intensitas ngigo saya, hahaha

    BalasHapus
  12. all@ makasi.... (hehehehe...) lagi OL di kampus si. ge sempat membalasnya berpanjang-panjang.

    BalasHapus
  13. Efek ngeblog bagi saya (boleh jujur) yang positif saya menjadi semakin kreatif dalam melihat segala sesuatu. Mengutak-atik hal-hal yang sebetulnya biasa tapi saya coba teropong dari aspek dan perspektif lain yang tak biasa.

    Yang negatif, saya jadi sering melupakan anak istri saya di rumah kalau lagi asyik sendiri di depan laptop. Ha...Ha...Ha...

    Kalau saya yang penting intinya, sih harus balance antara dunia maya dan dunia nyata. Itu saja sharing dari saya, Mas Huda.

    BalasHapus
  14. bantu sundul aja deh gan... upupup.....

    *kaskus mode on

    hehehe

    BalasHapus
  15. efek nge-blog?
    mual..muntah..pusing..mengantuk..di larang berkendara selama minum obat cap "blogger"..ha..ha..ha...

    BalasHapus
  16. hari-hari menjadi penting, bljr untuk lebih menghargai pengalaman sekecil apapun, melatih kepekaan dalam MELIHAT MENDENGAR dan MERASAKAN pengalamn2 trsbt, otaknya jd kepake' deh..HAH^_^

    BalasHapus
  17. adugh baru sempat ngeblog sekarang ini...

    Joko Sutarto@ 'kreatif' dalam memandang sesuatu. yang ini bagi saya susah banget. pengennya bikin postingan yang 'beda', mencerahkan, fresh, gitulah. tapi saya sadar saya hanya seorang blogger pemula...

    tapi, paling tidak, ngeblog saat ini memang memotivasi saya ke level itu. trims.

    imanuel@ trims gan...sundul aja terus. (jujur sebenarnya aku ga paham maksudnya)

    kiki@ yihaaa...makasii... komennya LP2KIS banget. trims.

    BalasHapus
  18. gw juga ga paham, cuman ikut-ikutan para kaskuser doang *gubrak (minta digaplok)

    hehehe

    BalasHapus

Posting Komentar