Blogmu Harimaumu

Kemarin, si Nuel ngasi tips-tips ngeblog kepada para 'junior'. Meski ga jelas juga siapa yang dimaksud junior, dan siapa aja yang dimaksud senior di sini. Saya tidak merasa senior sih, tapi juga ga merasa junior-junior amat. Yang pasti, postingannya itu, diakhiri dengan kalimat ini: “ayo para senior, kasi tw tips2 ngeblog....”

Terus senior yang dia ajakin di kalimat penutup itu siapa? Saya ya? *Pede.com.

Sebenarnya tips-tips ngeblog itu sudah bertebaran. Di dunia nyata maupun di dunia maya. Dengan bahasa yang bisa saya pahami maupun bahasa canggih di luar jangkauan saya. Jadi, kalau mau nyari tips ngeblog, entah itu dari blogmaster maupun 'senior', kita tinggal ngetik saja di eyang gugle: “tips ngeblog”. Dalam hitungan seperseribu detik kita akan dibanjiri oleh tips-tips itu. Tinggal anda sendiri yang memilih, apakah mau menjejali diri dengan tips-tips itu atau tidak.

Ehm, Saya rasa ga ada salahnya saya juga bikin tips ngeblog (sekedar sharing saja sih). Tips-tips ini dari saya sendiri. Meskipun saya baru enam bulanan aktif ngeblog, kan ga ada salahnya saya berbagi tips kaan? Memang, blog ruMah reView ini akan berusia 3 tahun memasuki bulan Februari nanti. Sebenarnya ini usia yang cukup tua untuk sebuah blog. Tapi yah, usia blog mungkin sebaiknya dihitung sejak ia aktif ngeblog, kali ya?

Udah ah... kebanyakan prolog. Tips nya manaaaaaa.........?

Baiklah, berikut adalah tips dari saya. Tips saya cuma satu:

Blog is Art!

Catet ya, ngeblog itu termasuk 'seni'. Mungkin kelak kita harus menambahkan kata 'blog' sebagai salah satu cabang seni. Saya berkata begini bukan karena blog saya sudah nyeni. Tapi kalau memperhatikan blog-blog yang saya anggap keren, saya tersadar bahwa ngeblog pada dasarnya adalah seni.

Hakikat seni itu adalah menikmati dirinya sendiri. Kalau kamu seorang pelukis, maka nyeni-nya adalah waktu yang kau habiskan saat melukis. Jika kau seorang penyanyi, maka nyeni-nya adalah saat kau menyanyi. Begitu juga dengan menari, dan seni-seni lainnya. Maka, nikmatilah waktu-waktu yang kamu habiskan selama kamu ngeblog. Entah saat kamu mengupdate posting, saat kamu blogwalking, browsing, cari refrensi, apapun yang kamu lakukan dan selama itu berkaitan dengan blogmu, just have fun!

Adakalanya kita akan menemukan tulisan yang bisa bikin down. Kadang ada blog yang menspesialisasikan dirinya dalam hal kritik. Ada blog yang posting-postingannya berisi bahan 'kuliah' tentang blog. Bahwa blog itu harus begiini dan harus begitu. But wait, di dunia nyata saja saya sudah males kuliah, masa' di sini saya dikuliahi lagi?

Blog itu seni kawan-kawan. Lupakan tips-tips itu. Tidak ada yang lebih tahu selain diri kalian sendiri. Ini tidaklah egois. Ini juga bukan berarti bahwa kamu akan menutup diri atas kritikan atau masukan. It is just simply art.... Hanya karena kamu menikmati dirimu sendiri bukan berarti kamu tidak bisa menyenangkan orang lain, kan?

Kita bisa saja terpukau menyaksikan seorang penyanyi yang larut dalam nyanyiannya. Mungkin saat itu ia lupa ada orang lain di situ. Mungkin saat itu, hanya ada dirinya, suaranya, dan musik. Tapi toh ini tak menghalangi kita menikmati performanya. Iya, kan?

Simon cowell, juri American Idol yang sangar itu, menyebutnya “the moment”. Adakalanya seorang kontestan yang ikut auidisi seolah lupa kalau dia tengah audisi. Ia lupa kalau ada penonton. Ia lupa kalau ada tiga juri di hadapannya. Ia larut secara emosional dengan musiknya. Namun justru penampilan semacam itulah yang memikat para juri (oke, ulasan saya mulai lebay)

Kemarin aku juga membaca sebuah tulisan di blognya Dewi Lestari tentang menulis, di sini. Di situ ia menulis, “Saat kita melihat seekor macan tertidur di kandang, yang mengaum di kepala kita adalah cerita-cerita orang tentang macan, atau pengetahuan kita tentang macan yang didapat dari brosur, buku, atau teve. Tapi selama macan itu belum mengaum langsung, sesungguhnya kita tidak pernah mendengar suara dia yang sebenarnya..”

So, di sini, kita mungkin akan bertemu dengan banyak tips tentang ngeblog. Bahwa kau harus begini dan harus begitu. Bahwa menulis yang bagus itu seperti ini dan seperti itu. Tapi siapa yang lebih tahu? Jangan-jangan itu hanya sharing pengalaman pribadi kan? Belum tentu apa yang berlaku dengannya akan berlaku juga dengan diri kita. Kalau kamu menemukan blog yang hobi “menelanjangi” blog orang lain, mendingan cepat ngacir deh.

Intinya, jangan sampai kamu tidak mendengar sendiri suaramu. Jangan sampai suara yang kaluar lewat postinganmu adalah suara orang lain. Suara-suara penurut karena kamu telah dengan begitu lugunya mengikuti tips-tips ngeblog dari orang-orang yang menyebut diri mereka master. Ngeblog itu seni. Tak usah gelisah dengan apa yang dipikirkan orang lain tentang blogmu. Karena tiap orang juga gelisah memikirkan apa yang kamu pikirkan tentang blog mereka. (makanya tradisi bagi2 award menjamur).

Blogmu adalah harimaumu (kalau mau disebut macan juga ga apa2 deh). Jadi, jangan sampai 'Auman' yang keluar dari dirimu adalah auman palsu. Auman orang lain. Jangan sampai harimaumu ditunggangi orang lain. hohoho.

Jika auman pertamamu tak memikat, maka mengaumlah sekali lagi. Jika tak berhasil, mengaum lah lagi dan lagi. Tapi jangan pernah sekalipun mengambil kursus mengaum. Atau mendengar tips-tips mengaum yang bagus dari harimau lain. Karena mengaum pada hakikatnya adalah 'bakat natural' setiap blogger. Hanya masalah waktu sampai kau menemukan sendiri suaramu. Hanya masalah waktu sampai aumanmu terdengar...

Blogmu adalah harimaumu!
*catet!

Have fun!


Segitu aja deh tips dari seorang NEWBIE yang lagi sok senior. Gilaak, satu tips aja penjangnya dua halaman begini. Perlu dicatat juga, ini murni sharing. Mungkin kalian sudah menemukan sendiri cara kalian mengaum. Sharing dungs!



.

Komentar

  1. busyettt panjangnyo.. hahhaha aku newbie nih..

    BalasHapus
  2. Hahaha... Saya termasuk jengah kalau membaca tulisan tentang tips blog. Apalagi dengan embel2 blogger "senior" dan "junior". Dari dulu saya gak demen dengan istilah ini. I mean... Come on! Ngeblog mah ngeblog aja. Gak usah pake tips2 segala. Kalo tulisannya bagus, orang pasti akan dengan sendirinya berduyun-duyun datang ke blog tersebut. Iya, toh?

    Malah yang mirisnya nih (ini menurut saya), ada blogger yang sok-sokan ngasi tips ngeblog, tapi blognya sendiri tulisannya biasa aja (kalau gak mau dibilang sampah).

    Again... Kenapa kita harus dipusingkan segala dengan tips ngeblog, tulisan bermutu, trafik tinggi, dan sejenisnya? Yah, kecuali memang tujuan awal ngeblognya cari duit, itu beda perkara.

    BalasHapus
  3. kimi@
    setuju kim...

    emang ada blogger yang rada aneh, hobi ngasi tips, tiap postingannya berisi kritik, padahal blognya.... mmm....biasa aja si.

    ah, dibawa enjoy aja deh

    BalasHapus
  4. aiisshh seneng baca tulisan ini.. sebenernya ngeblog asyik tuh kalo nggak perlu ngurusin omongan orang. Syukur-syukur kalo ada kritikan, malah jadi bahan buat postingan kayak saya dulu..

    ada banyak alasan buat ngeblog sih, tapi bagi saya..ngeblog tuh untuk menyenangkan diri sendiri dulu, terserah orang lain seneng apa enggak.

    BalasHapus
  5. kalo saya sih "blog adalah media penyesatan umat yang efektif"
    hahah :D

    BalasHapus
  6. john Terro@
    adugh... mau bikin aliran sesat nih?
    atau bisa dijelaskan lebih detil lagi?? hoho

    BalasHapus
  7. hahah ... intinya adalah blog itu bisa digunakan untuk membangun sebuah opini publik, baik itu opini yang baik maupun yang buruk :D

    BalasHapus
  8. john Terro@
    oh gitu... emang si. media kan punya kekuatan untuk membangun opini publik. cuman...kalau media sekecil blogger berniat 'membentuk opini" tertentu, kayanya sulit deh. apa ga buang-buang energi?

    karena di luar sana, banyak media seperti TV dan surat kabar yang lingkup konsumennya lebih luas. mereka tentunya jauh lebih berkuasa dalam membentuk opini.

    *kok saya jadi sok tahu gini yak?? hehehe

    BalasHapus
  9. Pada intinya, ini menurut pendapat saya. Tulisan (blog) menarik atau tidak tergantung dari satu hal. Tanya pada diri sendiri apakah pembaca setelah membaca tulisan kita akan mendapatkan sesuatu (value added) atau tidak. Jika tidak mendapatkan sesuatu apapun, yang lebih tepat mungkin kita berada pada posisi meminta bukan memberi. Meminta orang lain (pembaca) menerima ocehan kita, yang hanya penting buat kita tapi tak penting buat mereka (pembaca)

    BalasHapus
  10. Auuuuummmm... Tapi cara berpikir orang emang beda-beda, dikasih masalah oleh Allah juga lain-lain. Dulu kalo ada temen lama nanyain kabarku gimana, aku bilang itu banyak fotoku di FB. Sekarang, buka blogku. Aku malah gak tau apa itu tips ngeblog, seringnya baca motivasi menulis. Waktu awal2 belajar ngeblog malah nyangkut ke blog orang yang terkesan emosional, mengkritik acara pesta blogger. Kasih tulisan cara2 blogger sesat yang "ngakalin" agar bisa ngetop. Popularitas di dunia fana bukan tujuan hidupku sih. Ingin terbang sampai langit ke 7...

    BalasHapus
  11. sebetulnya kemaren tuh cuman iseng-iseng doang hud, kasih tips.... itu tuh ditujukan ke orang-orang yang baru ngeblog dan yang ikuut SEO. Gitu doang. Iseng-iseng doang. hhehehee.. jadi so sorry kalo ada yang tersinggung. Ga ada maksud, apalagi ampe membeda-bedakan.

    Saya juga sebetulnya jengah juga pake istilah senior, junior. Maksudnya senior tuh menurut saya sih orang-orang yang udah lama ngeblog. Kan ada tuh yang kayak begituan. hehehe... gitu toh......

    Tapi kalo ada yang ga mau ikutan tipsnya juga ga papa sih.... Ga 100 persen bener ini koq. maen-maen doang. Hheehehhe..

    Btw gw agak bingung sama komen lu yang ini:

    Tak usah gelisah dengan apa yang dipikirkan orang lain tentang blogmu. Karena tiap orang juga gelisah memikirkan apa yang kamu pikirkan tentang blog mereka. (makanya tradisi bagi2 award menjamur).

    Maksudnya apa? Kayaknya ga ada hubungannya deh hud?

    BalasHapus
  12. kalo nih fb, saya udah like kata-katanya mas gaphe. saya setuju banget. ngeblog itu untuk kepuasan pribadi. unuk memuaskan hasrat nulis. hehehe

    BalasHapus
  13. Tidak ada yang salah dari tips ngeblog. Bagi saya, itu bisa memberi input agar blog saya bisa lebih berkembang. Tapi memang harus dicerna dan disesuaikan dengan kapasitas dan kondisi blog kita sendiri.

    Ibarat makanan, tips ngeblog tidak bisa langsung ditelan mentah-mentah. Harus dimasak dulu, dikunyah secara perlahan, baru ditelan.

    Saya lebih suka dengan tips ngeblog yang ditulis berdasarkan pengalaman pribadi penulisnya. Minimal berdasarkan hasil pengamatan pribadinya. Dari situ, saya bisa banyak belajar.

    Oya, saya sendiri mungkin tergolong cukup sering menulis tips ngeblog. Semata-mata untuk berbagi inspirasi saja (tanpa terlalu bermaksud menggurui). Semuanya saya kembalikan lagi pada pembaca. Tidak ada paksaan karena sekedar opini dan anjuran.

    BalasHapus
  14. Joko Sutarto@
    yups. masalahnya kan, tidak semua keinginan pembaca dapat terpenuhi. kalau kita memposisikan diri sebagai 'pemuas' kebutuhan pembaca, kapan enjoynya coba?

    toh, kalau pembaca tidak suka tulisan kita, mereka bisa pergi begitu saja kan? Sebenarnya tidak ada yang dipaksa.

    dan kita, sang narablog, tak perlu merasa terpaksa menulis apa yang ingin didengarkan oleh pembaca.

    apakah kita membaca blog seseorang karena kita ingin membaca apa yang ingin kita baca, ataukah ingin mendengarkan apa yang memang ingin ia ceritakan?

    blog itu, menurut saya sarana yang baik untuk mengenal dunia lewat sudut pandang orang lain.

    BalasHapus
  15. nuel@
    aiiish, mudah2an kamu tidak tersinggung. Aku yakin yang dimaksud Kimi, "blog yang tulisannya biasa2 aja, kalau tidak ingin dikatakan sampah" itu bukan kamu.... hehehe

    tulisan ini bukan untuk menyerang siapapun. cuman sharing aja sih. I still love your blog... hohohoho

    apa hubungannya dengan tradisi award? menurut ku, tradisi bagi2 award itu salah satu cara untuk nebar link, dan biar tahu aja apa pendapat blogger lain mengenai blog kita.

    biasanya saat award dipajang, ada review singkat kan? for me... well, It nice to know, but I'm not addicted to that.. (halah, jadi blepotan).

    yups, gue juga setuju sama apa yang dikatakan om Gaphe.

    BalasHapus
  16. mb Ami@
    iya sih mba'. tergantung tujuan blogger bersangkutan. ada yang tujuannya populer, ada yang tujuannya nyari duit, ada yang tujuannya belajar nulis.

    saya ga ingin menjudge mana tujuan yang paling baik sih. asal dilakukan dengan sepenuh hati saja... hohohoho

    trims ya

    Iskandaria@
    Hi! Trims atas kunjungannya mas...
    "Ibarat makanan, tips ngeblog tidak bisa langsung ditelan mentah-mentah. Harus dimasak dulu, dikunyah secara perlahan, baru ditelan."

    yups, I like this sentence. memang tips2 sebaiknya disikapi seperti itu sih...

    BalasHapus
  17. Mas Huda, mungkin saya perlu perjelas lagi kalimat saya. Kata "Meminta" mohon jangan diartikan dengan kata memaksa tapi lebih kepada makna harfiah menerima dan memberi. Dan kata Meminta di situ lebih kearah "Menerima".

    Saya lihat genre tulisan blog Mas Huda cenderung bergaya esai. Ada pergumulan di setiap tulisan2nya. Selalu menarik kalau mengupas segala sesuatu dengan bahasan yang membuat saya jadi merenung.

    Apa tidak ada keinginan untuk menulis buku kedepannya? :) Kelak jika keinginan itu ada pasti orientasinya akan berbeda, Mas.

    BalasHapus
  18. Joko Sutarto@
    hehehe... trimakasi mas Joko, atas penjelasannya.

    nulis buku? waaah, ini keinginan saya banget mas. hehehe. Moga2 dengan nulis blog begini, kelak jika saatnya tiba, nulis buku jadi lebih mudah. hohohoho..

    amin...
    matur nuwun mas...

    BalasHapus
  19. ya memang sih blog kecil banget kemungkinan untuk membuat opini publik, tapi itu sekarang, nantinya mungkin berbeda dengan semakin pesatnya pengguna internet :D

    BalasHapus
  20. John Terro@
    hmmm... iya juga si.
    apalagi kalau eklak setiap orang punya blog, sebagaimana setiap orang punya FB??

    mmm... (mulai menghayal).
    makasi, pagi2 dah mampir....

    BalasHapus
  21. blog itu seni yg ada dalam diri kita bukan, mau gaya tulisan jelek atau kelas pujangga yang penting ngeblog :D

    have fun ;p

    BalasHapus
  22. jiaahhh, saya ga tersinggung mas.... cuman mau nyampein alesan saya doang. Selow mas.... heheehhe....

    BalasHapus
  23. setuju sama ngeblog itu adalah seni:)
    buat saya nulis ya nulis aja, apapun itu.bahan kuliahpun boleh-boleh aja, yg penting nulis. Bukankah ilmu itu bisa diikat dengan menuliskannya?
    :D

    BalasHapus
  24. Uh ketinggalan, semua yang mau aku sampein di komen udah ditulis semua..

    aku setuju sama mas gaphe, menulis itu kan pada dasarnya untuk menuangkan apa yang ada dipikiran kita,jadi diri sendiri aja..

    ga ada yg salah dengan bagi2 tips nge-blog, yg salah itu kalo udah mulai jelek2in blog lain.Hak2 mereka dong mau jadi jelek ataupun bagus..

    BalasHapus
  25. setubuh, eh setuju maksudnya... hehe
    banyak banget yg ngasih tips2 cara nulis, senbenernya itu malah bikin kita kehilangan skill menulis alami kita.

    BalasHapus
  26. hahah ... berkhayal itu boleh
    asal masih dalam batas kewajaran :D

    BalasHapus
  27. r1o@
    have fun! :')

    imanuel@
    syukurlah kalau begitu.. hehehehe. kita kan pren!

    Nova@
    cihuiii! trims Nova..

    Yen@
    hahaha, habis liburan ta? hehe, iya si, kalau dah mulai jele'jele'i blog lain, blognya ga jadi keren lagi..

    bagus-jelek kan masalah selera juga tow?
    trims..

    Eks@
    hehehe, makasi. intinya si nulis aja..
    trims ya

    John Terro@
    heheheh..
    oke deh

    trims all..

    BalasHapus
  28. mmm..buatku sendiri, ngeblog itu hanya jadi ajang belajar nulis aja si..jadi gak begitu peduli sama tips2 itu, toh sama aja kan kayak belajar nulis dimana aja??hehe..:D
    jadi kalo dibilang ngeblog itu senii..kayaknya aku mang gak bakalan pinter dah nulis di blog.. huhuu T_T

    btw, I think soal ngisi blog sama pelajaran2 yang kita dapet di skul ato kuliah it's ok aja..soalnya kadang aku ndiri lebih enak nyari bahan kuliah di blog orang dari pada di tempat lain, soalnya biasanya pelajaran yang di blog-kan itu lebih simpel, jelas, tapi mencakup keseluruhan, dari pada ngedownload skripsi ato apaa..gitu yang tebel.. *gak mau repot* wkwkw..

    BalasHapus
  29. rapi@
    hahahaha..
    intinya, kalau blog itu seni, berarti kamu ga usah repot2 mikirin apa kata orang.

    you just blogging, and enjoy your activity--posting your assignments are also included. don't worry too much about the traffic, or what your "senior" said about your blog.

    bahasa inggris gue bener ga' yah??

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Film Asia yang Tak Terlupakan

Sandikala

Film Korea Yang Layak Kamu Tonton