Quote Of The Day#1

Toni Morrison

Bila ada sebuah buku yang ingin kau baca,
tapi buku itu belum lagi ditulis, maka engkaulah yang mesti menulis
(Toni Morrison)


Mm..saya tidak tahu siapa Toni Morrison. Yag pasti dia seorang penulis. Kata-kata mutiara tentang menulis ini saya dapatkan dari sebuah buku berjudul: Kristal Kata: Kata-kata Penggugah Motivasi Menulis. Bukunya tipis dan isinya memang kutipan-kutipan dari para penulis dunia. Dulu saya beli lima ribuan. Dulu sekali—saat saya masih semester satu. Saat itu sebenarnya saya tidak punya niat beli buku sama sekali. Tapi saking dodolnya menunggu bis, akhirnya saya beli buku ini.
***
Adakalanya saya menyesal membeli sebuah buku. Apalagi kalau bukunya lumayan mahal dan tidak sesuai dengan harapan awal. Saya juga tidak termasuk orang yang mengikuti tren. Saat orang-orang ramai membicarakan Laskar Pelangi, misalnya. Saya tidak langsung beli. Masih mikir-mikir dulu. Buku-buku yang saya sukai juga belum tentu buku yang populer atau dipajang di rak bestseller.

Malah, novelnya Andrea Hirata itu baru saya baca tahun 2010 kemarin. Itu pun saya pinjam di Perpus Kampus, hehehe....(dan kenyataannya Edensor memang sangat keren, tapi Laskar Pelangi tidak terlalu begitu).

Ehm, bicara apa saya tadi?

Ada kalanya saya menyesal membeli sebuah buku. Kadang saya merasa tidak mendapat apa-apa. Atau kadang, membatin dengan congkak; “aku bisa menulis yang lebih bagus dari ini.”--->>ini penyakit saya.

Namun, ada kalanya juga saya sangat-sangat ingin membeli buku. Meski saya belum tentu tahu buku apa persisnya yang ingin saya baca; apa judulnya dan siapa penulisnya. Tapi yang saya tahu, saya ingin membaca sebuah buku!

Sebuah buku yang bisa membuat saya benar-benar menikmati waktu yang saya lalui. Sebuah buku yang membantu saya memahami sesuatu; terutama kehidupan. Yang lebih dari sekedar hiburan. Sebuah buku yang bisa meneror saya. Yang berisi gagasan, atau pikiran, atau kebijaksanaan, atau apapun di dalamnya, yang akan terus membuntuti saya.

Sebuah buku yang membuat saya lebih mencintai hidup saya.

Mungkin nanti sayalah yang akan menulis buku itu. Seperti yang dikatakan oleh si Toni Morrrison: maka engkaulah yang mesti menulis.


–Iya, baiklah saya akan menulisnya....



.

Komentar

  1. yup, ayo mas Huda nulis...ntar paketin bukunya k depok..gratis kn..haha

    BalasHapus
  2. nggak beli buku, bilang aja gak ada duit.. wkwkwk.
    ~no offense yah!

    hemm, kenapa gak nyoba kamu bukukan aja tulisan2mu da?

    BalasHapus
  3. Rose@
    ooo tidak bisa...

    gaphe@
    -iye no offense...

    tulisan yang mana? yang di blog ini??
    Huahahahahahahahaha....

    BalasHapus
  4. hmmm, baiklah. nanti (entah kapan) saya akan menulis sebuah buku, yang akan mengguncang dunia persilatan...
    terima kasih dan sekian...

    BalasHapus
  5. Nulis tentang kucing aja Hud ...
    kayaknya laris tuh ...
    apalagi si kucing hitam itu ...

    BalasHapus
  6. Aku suka penyakitmu Hud,hhe. Hmmm, akan kupikirkan dulu kata2nya mas Toni...karena memang sekarang aku masih belajar, dan tetap tekun belajar.

    BalasHapus
  7. Eks@
    terima kasih atas kunjungan anda saudara eks! saya tunggu buku anda.

    sama-sama,

    Hoedz@
    hmmm....
    lets'see

    Ajeng@
    ayo Jeng, keliatan banget kalau kamu juga suka nulis. Bahasamu nyastra gitu...

    trims all

    BalasHapus
  8. oia, setau saya, toni morrison itu pesepak bola suaminya kiki amalia...

    BalasHapus
  9. iya..membukukan tulisan2 di blog ini juga bisa.. why not?? tulisan maz huda kan banyak yang "aneh" dan "fresh" dari pemikiran sendiri..combine2 ini itu jadi tulisan yang menarik.. :D

    BalasHapus
  10. Eks@
    makasi atas sharing infonya...
    ditunggu kunjungan anda berikutnya.

    Bestari@
    semoga komentarmu dibaca oleh penerbit, hehehe

    BalasHapus
  11. Aku udah lama gak beli buku. Kalo butuh info aku browsing ato ngadem di gramed.

    Kemarin di Jakarta dikasih buku sama Feri Santoro yang pernah disandera GAM. Mungkin bukuku topiknya perjuangan bertemu Safira dan Safitri, konflik batin, hura-hura, kencan lagi di usia kepala 4, melihat Bejo dan kakeknya kembar dalam bentuk cahaya. Kayaknya gak menarik ya...

    BalasHapus
  12. Wah, ditunggu mas, bukunya! Hehehehe.... :D

    @mbak ami : itu menarik koq. Banget malah! Dari kisah nyata, dan sepertinya berbeda :)

    BalasHapus
  13. dah lama gak ke sini.... dan isinya masih tetep sama... filosofis banget.... hehehhe.... no offence yah...

    btw bener banget tuh hud, edensor lebih bagus ketimbang laskar pelangi... malahan saya lebih suka sang pemimpi... lebih mengharu biru.... kapan-kapan baca hud... hehehe... bagus juga tuh....

    oh yah kadang gw salut sama pemikiran lo, hud. Luar biasa. Masih usia 25-an, tapi jalan pikirannya udah kayak guru besar. hmm....

    BalasHapus
  14. huda, tulisannya makin menjaya aja.. wih wihh, mantaplah :))

    BalasHapus
  15. iya baiklah tulis dari sekarang. jangan lupa siapin covernya ya hhhh ;p

    BalasHapus
  16. mb Ami@
    setuju ma Kacho, kayanya bakalan menarik tuh mb. hehehe

    Kacho & Yen@
    oke, selamat menunggu...
    hoho

    Imanuel@
    apa? usia gue 25-an?? jangan ngaco kamu yah? heheeh

    makasi...

    Irwan Bajang@
    hohoho, makasi bang!!

    Nota nono@
    hihi...*nyengir kuda

    MSH@
    trims mas..

    Fai@
    trims brur!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Film Asia yang Tak Terlupakan

Sandikala

Film Korea Yang Layak Kamu Tonton