Person of the week: Osho

Osho

Pertama kali saya mengenal pemikirannya Osho adalah lewat sebuah buku berjudul intellegence; a creative response to now. Waktu itu saya sembarang saja meminjam buku ini di perpus. Saya sedang mencoba mengakrabi bahasa Inggris kembali. Karena kalau tidak dipakai, saya kuatir bahasa inggris saya terlupakan, atau tidak mengalami kemajuan. Percuma saja saya dulu mengambil kursus dan menghambur-hamburkan uang tanpa hasil.

Dan yah, salah satu cara untuk mengakrabkan otak saya dengan bahasa inggris, membaca buku atau teks berbahasa inggris adalah salah satunya. Maka saya bawalah buku ini pulang. Tadinya saya berniat mendaftar kata-kata sulit yang saya dapatkan di buku ini. Tapi belakangan, saya malah lupa dan keasyikan membaca pemikiran si Osho ini. Saya cari lagi bukunya yang lain di perpus dan bertemu dengan bukunya yang berjudul Freedom; the courage to be yourself.

Pemikiran-pemikirannya memang banyak yang mengejutkan. Untuk bukunya yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia: Emotional Learning, penerbit memberi pengantar yang berjudul: Membaca Osho dengan kritis. Di situ penerbit sudah memberi semacam warning, bahwa tidak semua pemikiran Osho dapat diterapkan begitu saja. Apalagi di negara seperti Indonesia. Bahkan tidak tertutup kemungkinan ada kalimat-kalimat yang bisa membuat penganut agama tersinggung.

Well, kalau kamu tertarik dengan pemikirannya; satu saran saya, bacalah dengan pikiran terbuka. Kalian bisa mengunjungi situsnya dan mendownload gratis buku-bukunya dalam format PDF. G.R.A.T.I.S!

Menurut saya pribadi, tulisan-tulisannya (yang sebenarnya diambil dari pidato-pidatonya) layak untuk disimak.

Untuk lebih tahu mengenai Osho, kalian kunjungi saja situsnya di sini: http://www.osho.com/

.

Komentar

  1. jadi osho ini sebenarnya sapa sih?
    aku udah buka situsnya, tapi masih bingung juga, gara2 bahasa inggrisku payah kali ya.. -.-'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia adalah segala-galanya ... ia adalah sebuah undangan.. ia adalah semua jawaban. ia adalah anugerah terindah dalam hidupku.

      Hapus
  2. Ajeng@
    yupz, sama-sama

    Yen@
    osho itu...semacam guru gitulah. aku juga ga pernah baca biographynya, hehee, cuman baca tulisan-tulisannya doang, tentang kehidupan, spiritualitas, dsb.

    BalasHapus
  3. wah osho, kyaknya ada d perpus ku bang, jadi pengen baca. Tapi klo ada yg free sedoot aja di inet.. hhhee.

    itu dl dr situs yg sama ya??

    BalasHapus
  4. huda, lanjutin cerita kucing hitam kemarin dong! penasaran, aroma jahe >.<

    BalasHapus
  5. Guru spiritual... Hmmm, bahas dong spiritualnya gimana...

    BalasHapus
  6. tito@
    lha minjem di perpus juga gratis kan? sana gih, ke prpus!

    Ajeng@
    oke oke hehehehe (*senengnya ada yang nanyain si kucing)

    mb Ami@
    tadinya mb.. tapi postinganku jadi kepanjangan, hehehe..

    BalasHapus
  7. osho itu siapa ya???ga pernah dengar. guru?motivator? ato apa ya??

    BalasHapus
  8. Penasaran saya gimana isi bukunya dan terutama tentang warning yang katanya ada kalimat-kalimat yang bisa membuat penganut agama jadi tersinggung itu.

    Next apa bisa diberikan review atau sinopsis singkatnya, Mas Huda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Osho adalah sebuah undangan

      untuk semua pencari kebenaran sejati

      ia adalah semua jawaban bagi segala pertanyaan spiritual

      orang yang paling tercerahkan yang pernah ada

      semua orang yang waras dan bersedia menerima kebenaran sejati

      kamu wajib menyelidiki tentang osho dan semua ajarannya sebelum kamu mati

      jangan percaya begitu saja apa yang orang katakan tentang Osho

      melainkan selidikilah sendiri semua tentangnya, ragukanlah sampai kamu mendengar melihat merasakan dan mengalaminya sendiri.

      Osho tidak pernah lahir, tidak pernah mati.. hanya berkunjung untuk sementara waktu di bumi ini.

      Hapus
    2. Wah terima kasih sudah berkunjung.

      Sudah lama sekali saya ga baca osho lagi. Dulu pernah baca beberapa tulisan miring tentangnya, entah benar entah tidak.

      Selebihnya, membaca osho bikin fresh, selama dibaca dengan pikiran terbuka. Sekarang saya baru ingat kalau buku osho yang saya punya hilang.

      Trims atas kunjungannya

      Hapus
  9. kalo ada kata-kata yang bikin penganut agama tersinggung, berarti dia atheis dong ya?

    terima kasih,

    BalasHapus
  10. hemmmm ajarin saya bahasa inggris dong,..

    saya malah baru beli buku sikus emosi yag ditulis sama alumnus2 psikologi UI bagus deh

    BalasHapus
  11. ada yang bilang gratisan yah??

    *langsung semangat

    tapi baru tau dari sini loh Da, siapa sosok itu :P

    BalasHapus
  12. hadoohh .. inggrisnya rek .. cas cis cus ... gak paham .. tapi stau yang saya paham yaitu ..
    G.R.A.T.I.S

    ada screen saver keren di situ .. langsung donlod ... bkin tenang di mata ...
    judulnya the Osho Meditation Resort Screensaver
    thx info nya Hud ...

    BalasHapus
  13. menarik daa. cara penyampaiannya gampang buat dicerna meskipun english. tapi emang agak liberalis. eh btw kenapa ga lo coba bahas salah satu tulisannya secara detail dengan bahasa lo sendiri. indonesia gitu ;D

    BalasHapus
  14. wuaalaah. T_T inggrisku nyampek g ya ..kkk, btw mas hud jgn putusin cerita kucingnya yaa...saya selalu menunggu ^_^...love it!

    BalasHapus
  15. eeeh, baru sempat OL sekarang.

    AjengA@
    ditunggu saja ya, hehehe

    Nova@
    guru, mungkin. (sekarang saya sadar kalau selama ini ga terlalu peduli siapa Osho--fokus baca pemikirannya sih).

    joko Sutarto@
    hehe, sudah ada yang diterbitkan oleh penerbit "Baca!" judulnya emotional learning. yang bisa membuat tersinggung: misalnya perumpamaan agama yang tak lebih dari sekedar gramofon... dan banyak juga, kalimat yanga gak sinis.

    oke akan saya coba untuk membuat satu post lagi mengenai pemikiran Osho.

    Eks@
    atheis ya? mmm... gimana ya ngejelasinnya..

    Fai@
    oh ya? siklus emosi kayanya menarik tuh

    Gaphe@
    jawabannya sama dengan jawaban yang ke Nova. saya amlah ga terlalu merhatiin siapa orangnya...

    hoedz@
    heheh

    Ata@
    oke! nanti aku bikin post lagi yang membahas ajarannya.

    Imanuel@
    jawaban sama dengan Gaphe dan Nova, hehehe

    Azhia@
    ok ok oke.... hehehehe
    waah si kucing seneng nih dapat penggemar

    BalasHapus
  16. wah sumur .. bukannya semakin dalam bearti sumur itu malah tak efektif ya ? air pun baru muncul di kedalaman 15 meter,tapi kalo sumur temanmu itu kyknya sumber airnya mudah yah .. jadi cukup 5 sampai 6 meter saja.. hihihi ...

    jadi kangen lihat sumur yg sudah tergeser sama pompa elektrik T_T kangen olahraga pagi ..menimba air mas hehehehee

    BalasHapus
  17. brigadir kopi@
    loh? sini di kosan saya masih nimba mas... MAU??

    BalasHapus
  18. oya? ada tho di perpus, coba deh ntar kapan2 tak carinya. kayaknya bagus. :)

    BalasHapus
  19. rapi@
    cari aja, ada di lantai 4, di rak buku2 filsafat ma psikologi.

    BalasHapus
  20. Temen2 yg tertarik dengan pesan2 osho bisa bergabung di fp OshoInd

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Film Asia yang Tak Terlupakan

Sandikala

Film Korea Yang Layak Kamu Tonton