Quote Of The Day #3

Jalaluddin Rumi

Embusan angin di waktu fajar akan menceritakan rahasia kepadamu
janganlah tidur kembali..
mintalah apa yang sungguh-sungguh kau inginkan
(Jalaluddin Rumi, abad 13)


Penggalan puisi dari Rumi ini aku baca di bukunya Ruth white: Belle Prater's Boy; yang terbit dalam bahasa Indonesia dengan judul Rahasia Embusan Angin. Sebenarnya ini buku cerita remaja, tapi sangat bagus. Menurutku sangat bagus.

Kembali ke Puisi tadi. Kecuali sebagai puisi favoritnya Bibi Belle sebelum ia menghilang tiba-tiba, aku tak menemukan hubungan yang jelas antara puisi ini dengan cerita di novel itu. Tapi tetap saja aku menyukai puisi ini. Aku sendiri dari dulu bukan orang yang gampang bangun pagi. Tapi kalau berhasil bangun pagi, semuanya terasa benar. Orang-orang yang bangun pagi, menurutku, jauh lebih bersemangat daripada yang punya kebiasaan bangun siang.

Aku tidak tahu rahasia apa yang dimakud oleh si Rumi dalam puisi ini. Mungkin untuk mengetahuinya kita harus secara konsisten bangun pagi—sesuatu yang tidak pernah berhasil kulakukan. Yah, siapa tahu kan? Yang pasti aku suka puisi ini. Kata-katanyapun sederhana. Entah yang dimaksud si Rumi dengan rahasia atau pintu, itu benar-benar ada, yang pasti aku menyukai puisi ini.


Berikut adalah puisi utuhnya;

Embusan angin di waktu fajar akan menceritakan rahasia kepadamu
                                                                          janganlah tidur kembali
Mintalah apa yang sungguh-sungguh kau inginkan
                                                                         janganlah tidur kembali
Orang-orang pergi dan kembali melalui ambang pintu
                                                              tempat dua dunia bersinggungan
Pintu itu terbuka lebar
                                                                            janganlah tidur kembali


--Jalaluddin Rumi

.

Komentar

  1. Subhanalloh, indah sekali...
    aku suka puisinya!
    aku coba cerita berdasarkan pengalamanku bangun pagi ya Hud, semoga bermanfaat :)



    Bangun Subuh, menurutku berkah. Kenapa begitu? Karena saat aku berhasil mengalahkan rasa kantukku, aku bangun dan sembahyang Subuh kemudian berlanjut ke rutinitas pagi...begitu seterusnya, tanpa ada rasa 'malas'sedikitpun.


    Bedanya, ketika aku bangun kesiangan, kepala pusing, jadwal awut2an, kewajiban bolong2, makan tertunda, pikiran nggak tenang! SAMA SEKALI NGGAK TENANG

    BalasHapus
  2. Ajeng@
    iya jeng.. kalau berhasil bangun pagi itu ahri kita terasa lebih menyenangkan

    trims atas sharingnya...
    apa ya resepnya biar bangun pagi itu mudah??

    BalasHapus
  3. resepnya yo cuma satu no Hud, yaitu NIAT!

    kalau kamu ndak niat ya ndak bangun, itu pasti dah :)

    BalasHapus
  4. hahaha.. iya jeng, iya...

    *jadimalusendiri

    BalasHapus
  5. walah aku tidur jam berapapun pasti bangunnya pagi. hahaha mandi terus solat subuh udah jadi aktifitas rutin. kecuali pas sakit. jadi solat subuh dulu baru mandi ~.~ tapi serius selain hubungan batin karena ibadah. aku ngejar mandi paginya soalnya bisa ngegelontorin lemak *,* ajarin rasul juga tuh karena bisa bikin badan fresh.

    BalasHapus
  6. maklum hud, kerjaanku diet mulu *melipir

    BalasHapus
  7. ata@
    oh ya?

    tapi kayanya cewek emang lebih gampang bangun pagi ya? huuummmm...

    BalasHapus
  8. Malulah sama Gusti Allah Hud, nggak cuma cewek kok yang gampang bangun pagi...cowok juga!

    Kan ada semboyan, bangun kesiangan rezeqi dipatok ayam. Setidaknya jangan kalah dong ama ayam yang bangunnya Subuh2 ...eheheh :)


    Ayo buktiin, kalo kamu bisa. Kalau bukan dari niatmu sendiri buat bangun pagi, lalu dari siapakah gerangan? istrimu? pacarmu? eheheh

    *yang ngingetin gitu :p

    BalasHapus
  9. Ajeng@
    njieh njiiiiih.... eyang putri,

    hihihihi...

    baiklah, mulai besok, Huda Tula akan bangun pagi....SEMANGAT!!!!

    BalasHapus
  10. "tapi kayanya cewek emang lebih gampang bangun pagi ya? huuummmm..."
    tidak juga, yg jelas itu tidak berlaku buat aku, ato jgn2 aku bukan cewek??? ~.~

    memang sepertinya ada sesuatu yang..(entah apa itu) saat bangun pagi, terlebih saat langit masih gelap lalu kita bisa menyaksikan matahari terbit..

    namun jujur aku bermasalah dalam hal memahami puisi,hehe

    BalasHapus
  11. Yen@
    jadi kamu juga susah bangun pagi yen? welcome to the club..hehehe

    aku juga ga terlalu paham apa yang dimaksud puisi ini..

    BalasHapus
  12. eyang putri???
    >.<


    keknya kamu yang cocok dipanggil eyang kakung duluan :p

    BalasHapus
  13. wuih keren. sederhana dan cukup mudah dipahami.

    BalasHapus
  14. wuih keren. sederhana dan cukup mudah dipahami.

    BalasHapus
  15. Penyuka jalaludin Rumi juga Da?..

    inti puisi itu berarti jangan tidur kembali.. palagi kalo udah bangun tidur, kuterus mandi dan segera gosok gigi, plus membersihkan tempat tidur kaan?

    BalasHapus
  16. ya sebenernya sama aja toh. asal ngerti tanggung jawab. kamu sih belum paham betul kali ;p

    BalasHapus
  17. gaphe@
    engga' juga si...
    cuman baca kutipannya aja.

    iya deh, makasi atas tafsirannya...

    Ata@
    mungkin karena ga ada yang ditanggung jawapin.... saya kan belum punya bini, jadi ga masalah bangun jam berapa aja
    ;'P

    BalasHapus
  18. Jadi, apa Subuh tadi kamu berhasil bangun?

    BalasHapus
  19. gerbang dunia dunia bersingungan dimana pintu pintu barokah untuk berdoa terbuka ,ketika sepertiga malam pun malaikat mengepakan sayapnya mengaminkan doa yg kita panjatkan ...

    Pada waktu subuh, malaikat datang kemuka bumi, bergantian malaikat yang malam naik ke langit dan datanglah malaikat yang berjaga diwaktu subuh, dan siapakah yang mampu melihat kedatangan malaikat pada saat itu, subhanalloh..hanya ayam sajalah makhluk yang bisa melihat malaikat naik dan turun di pagi hari. Lihatlah satu-satunya binatang yang berkokok rutin di subuh hari hanyalah ayam. dan tahukah kamu dibalik kokoknya itu ayam melakukan dzikir dan memuji ALLAH

    BalasHapus
  20. Subhanalloh, @Brigadir Kopi : ternyata gitu ya? Jadi ayam2 yang berkokok tadi berdzikir...

    BalasHapus
  21. Ajeng@
    berhasil dong.. habis itu saya tidur lagi.. xixixix

    Brigadir Kopi@
    W.O.W
    trims for sharing..
    :')

    BalasHapus
  22. Ah, wajar itu...aku dulu juga gitu kok.

    nanti juga sadar kamunya ;)

    BalasHapus
  23. Puisi yang sangat indah.. teguran untuk yang suka molor kayak saya... hehe
    bukan hanya anjuran pagi, tapi mungkin juga bisa anjuran untuk bangun sholat lail, karena diwaktu sepertiga malam terakhir adalah waktu terbaik untuk melaksanakan sholat malam... dimana doa-doa lebih dikabulkan,,, so, kalo pas bangun jam 3an fajar jangan tidur lagi, tapi sholat tahajud, hehe...

    BalasHapus
  24. Aina@
    yups...mestinya begitu si...

    trims ya..

    BalasHapus
  25. Puisinya baguuss....
    Aku sekarang lagi membiasakan bangun pagi (karena tugas dan kerjaan yang numpuk). tapi, masih belum tau juga apa ya yang dimaksud itu...

    yang jelas, kalo bangun pagi rasanya itu jadi punya lebih banyak waktu. dan itu menguntungkan :p

    BalasHapus
  26. kacho@
    iya Ka'... bangun pagi sebenernya lebih banyak untungnya daripada bangun siang...

    trims

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Film Asia yang Tak Terlupakan

Sandikala

Film Korea Yang Layak Kamu Tonton