Quote of The Day#4

Susan Sontag

Kehidupan orang kreatif dihela, diarahkan,
dan dikontrol oleh kebosanan.
Menghindari kejemuan adalah tujuan yang paling penting
(Susan Sontag, 1933-2004)


Aku adalah orang yang sangat gampang bosan. Anehnya aku bisa bergelut dengan rasa bosanku berlama-lama. Kadang aku tahu aku sedang bosan tapi aku diam saja dan mengamati waktuku yang tengah berjalan dengan sangat lambat. Semakin membosankan semakin lambat pula waktu itu berjalan, dan aku semakin diam. Tiduran dan menatap langit-langit kamarku beserta jaring-jaring laba-labanya.

Kadang, pada suatu siang yang panas, sambil tiduran aku menatap seisi kamarku satu persatu; lemariku, pakaian yang menumpuk, buku-buku yang tersusun dan berserakan, guntingan-guntingan kertas, karton, galon, bahkan debu yang beterbangan bisa kuamati berjam-jam. Tidak ada yang menarik dari benda-benda ini. Tapi aku seolah-olah tengah menguji diriku sendiri berapa lama aku bisa bertahan dalam rasa bosan semacam itu.

Kadang di benakku mulai muncul hal-hal yang bisa kulakukan untuk mengusir kebosananku. Tapi aku tidak melakukannya. Atau kadang aku mulai teringat dengan hal-hal yang harus segera kubereskan. Aku harus merapikan kamarku! Aku harus mencuci pakaian kotorku! Aku harus menulis cerita itu! Aku harus mencari benda itu! Dan aku harus-aku harus yang lainnya. Tapi akhirnya aku diam saja dan menyaksikan waktuku berjalan dengan sangat lambat.

Namun ada kalanya, perasaan bosan membuatku merasa sangat kaya. Tiba-tiba aku merasa waktuku sangat melimpah dan aku bisa melakukan apa saja kapan saja tanpa ada kata harus ini harus itu. Kadang terpikir olehku bahwa waktu itu sebenarnya tidak eksis. Jadi aku bisa berdiam diri berlama-lama tanpa merasa bersalah bahwa aku sebenarnya tengah membuang-buang waktuku. Bagaimana bisa aku membuang sesuatu yang tidak eksis? (don't try diz!).


Tapi di lain hari aku juga bisa merasa sangat menyesal. Ketika mendapati tidak banyak waktu yang kumiliki untuk menyelesaikan apa yang seharusnya sudah kuselesaikan. Tentu saja aku juga punya rasa takut, jika sesuatu terjadi dan aku mati begitu saja tanpa ada hal berarti yang pernah kuhasilkan. Tentu saja aku punya banyak sekali impian yang ingin kuwujudkan. Dan tentu saja aku ingin menjalani kehidupan yang benar-benar bermakna, bukannya malah tiduran dan dengan sia-sia menghitung berapa banyak debu yang beterbangan di atas kepalaku.

Sekarang setelah membaca kutipan tentang rasa bosan itu, Huda Tula pun sadar!#cieeeh sadar..... ehm, aku sadar kalau gampang bosan adalah ciri-ciri orang yang kreatif! Dan tujuan utama kita adalah menghindari kebosanan itu! Justru akan sangat mengherankan jika ada orang yang tidak pernah bosan, atau menolak mengakui bahwa ia sedang bosan.

Tanpa rasa bosan, bukankah semuanya akan begitu-begitu terus? Tanpa ada kebosanan, tidak ada hal baru yang tercipta! Bosan adalah sesuatu yang mulia! Maka terberkatilah orang-orang yang gampang bosan. Saya bersyukur saya pernah (serta sering dan gampang) bosan#halah mekso...




.

Komentar

  1. pertamaax... ciaaeeh cieeh.. bacanya besok aja.
    #niru komen

    BalasHapus
  2. hahah, dak dink...

    bosan yah?.. cari sesuatu yang baru, keluar ketemu orang baru, banyakin cari tahu sesuatu.. niscaya bakalan ngusir rasa bosen. udah kemana aja di Jogja Da?

    BalasHapus
  3. Hhahaha komen d ajeng pasti..
    Ikut ahh, ngejar pageOne aja. komennya bsok...

    Hahaha, ngeJunk parah..

    aku sm nih bng, gampang bosen, apa lg klo urusan ce***.. hahaha *becanda..

    jadi nmbah motivasi nih, buat ngerubah gampang bosen jd hal yg kreatif..

    BalasHapus
  4. huah,,,,pantes akhir2 ini q sering ngerasa bosen... ternyata ketularan kamu thooo.... hmm.... *plakkkk*

    BalasHapus
  5. "Kadang di benakku mulai muncul hal-hal yang bisa kulakukan untuk mengusir kebosananku. Tapi aku tidak melakukannya. Atau kadang aku mulai teringat dengan hal-hal yang harus segera kubereskan. Aku harus merapikan kamarku! Aku harus mencuci pakaian kotorku! Aku harus menulis cerita itu! Aku harus mencari benda itu! Dan aku harus-aku harus yang lainnya"

    dan dilanjutin...

    "dan aku kembali bosan memikirkan hal2 yg aku harus-aku harus lagi"

    hahaha...

    BalasHapus
  6. saya juga bosan. sangat. dan cenderung parah:(
    *hehhe..Huda makin bosan dengar curhat bosan saya:D

    BalasHapus
  7. kalau aku lagi bosan, satu-satunya yang bisa kunikmati adalah komik. Meski telah berulang-ulang kubaca tetap saja bisa membuatku menikmati waktu yang seakan berjalan lambat..



    ahaaaaaaaaay mas Hudaaaa...hayoooojgn diliatin sarang laba2nya..hahaha..bersihkan,,numpang request, mau dong digambar kyk Gaphe..hehe

    BalasHapus
  8. Definisi bosan itu buatku gak jelas. Seumurmu aku mudah bosan dan selalu menyalahkan orang lain. Puluhan tahun berlalu, aku terobsesi ingin tau tentang ini itu yang tidak diketahui orang lain. Dan terjebak ketemu dengan manusia google. Tanyakan apa yang kamu ingin ketahui, dia akan jawab.

    Belakangan ilmunya hanya temporary. Penyerahan jiwa pada hal yang salah kayak gambarmu soal Gaphe, dia benar-benar tersesat di alam roh.

    Kalo lagi bosan, jangan hitung debu, hitung nikmat Allah. Masih bisa makan, badan sehat, otak normal, juga temen2 yang perhatian sama kamu Hud...

    BalasHapus
  9. anjrit ... sampe kapan ya semua sifat mu itu mirip sama aku .. hahahaha ..

    aku juga gampang banget bosan .. bisa berjam - jam menghabiskan waktu hanya dengan melipat tangan dan berdiam diri.. melamunkan sesuatu yang absurd di tiap waktu kosong ..

    kadang bosan juga memberiku inspirasi menulis ... mengerjakan hobi ku.. atau cuma sekedar mengamati semut kecil yang sedang sibuk mengangkut sisa nasi yang tercecer di lantai ..

    Salam bosan deh .. hahahaha ..

    BalasHapus
  10. Baca tulisan orang yg gampang bosan mengenai kebosanan ternyata membosankan *apa seeeeh* wkwkwkk...

    salam kenal, ini udah ketiga kali mampir di blog ini, tp kyknya baru pertama kali komen hehehee ^_^

    BalasHapus
  11. gaphe@
    makasi >_<

    Tito@
    ce*** apa? kenapa disensor? cewok? hahahahaa..

    iya nih, postingan ini iseng aja sbenernya...

    Aina@
    halah... jangan2 aku yang tertular..T.T

    Ajeng@
    hahaha.. tw deh yang suka caper :'P

    Yen@
    wkwkwkwkwk.... mestinya aku nulis kaya gitu juga ya??

    Nova@
    hahahaha..curhatnya cuman satu kalimat gitu. lha aku satu postingan gini, bukannya lebih ngebosenin...

    Rose@
    mau digambarin jugaa?? oke oke.. kayanya aku mesti bikin postingan yang ngabsen minta digambarin nih. ntar aja deh...

    Ami@
    apa hubungannya dengan gambarnya gaphe? saya sering bingung dengan cara mb ami menghubung-hubungkan sesuatu >_<"

    Hoedz@
    salam bosen juga brader! haahahaha.. jangan-jangan kita saudara kembar yang tertukar!! *mulai berpikir ala sinetron...

    Mila Said@
    wahaaw.. ada mb Mila..

    salam kenall balik. trims atas kunjungannya. masi di Bangkok mb?
    ditunggu oleh-olehnya *apaan seeh*



    Trims ALL

    BalasHapus
  12. entah mengapa saya sulit sekali merasa bosan dengan intikali
    biasanya sih kalo aku bosan, maka aku arahkan otakku untuk berintikali sehingga menghasilkan ide-ide aneh dan konyol, namun aku lakukan :D

    BalasHapus
  13. John Terro@
    berintikali...boleh juga tuh! secara saiaa kan salah satu umat penganut mazhab intikalis

    trims John!

    BalasHapus
  14. saya juga gampang bosan.
    atau lebih tepatnya suasana hati gampang banget berubah.

    Tapi, bosan itu ya emang membosankan.
    begitulah. Hahahaha..
    *kehilangan kata2 tiba2.

    BalasHapus
  15. Ajeng@
    hum?

    Habibi@
    hahahaaha...

    yah terimakasih sudah berusaha menninggalkan komen.

    BalasHapus
  16. "(don't try diz!)"

    ok, I won't try that..hohhoho

    BalasHapus

Posting Komentar