Film Asia

Sudah cukup lama  aku jenuh dengan film-film Hollywood. Ceritanya begitu-begitu terus, entah yang drama, thriller, maupun komedi (atau mungkin aku-nya saja yang kebanyakan nonton film). Kadang sulit bagiku menyelesaikan satu film saja. Kecuali kalau filmnya benar-benar bagus. Kalau aku berhasil menonton satu film sampai habis tanpa merasa terpaksa, berarti film itu menurutku bagus.

Sepertinya mereka di Hollywood sana sedang kehabisan ide. Saat ini yang menjadi trend adalah film-film remake atau adaptasi novel dan komik. Iya ga sih? Kadang ceritanya di reboot atau diadaptasi dari film non Hollywood yang sudah lebih dulu sukses di negaranya. >,<"

So, alternatifnya ya nonton film Asia. Dan, kalau membicarakan film Asia, yang tengah berjaya saat ini adalah film-film Korea. Film-film produksi Hongkong malah tidak segalak dulu lagi. Entah ada hubungannya atau tidak, tapi semenjak Hongkong kembali menjadi milik China, film-filmnya jadi berbau propaganda. Sebut saja Ip Man; serta film-film lainnya yang pasti mengusung tema nasionalisme. Isu yang sangat penting di negara komunis seperti China.

Then, Korea seperti mengisi kekosongan ini (so' tahu banget ga sih?). Dulu, zaman film-film vampire dan kungfu menjadi tren, siapa coba yang pernah mendengar film Korea? Sewaktu Jet Li dan Jacky Chan rajin bikin film, kita mana ngerti kalau ada negara bernama Korea atau tahu sedikit soal budayanya. Tapi sekarang film-film Korea bisa dengan mudah kita dapatkan. Oke, tidak semuanya bagus. Tapi banyak juga loh film Korea yang mendapat penghargaan di level internasional--dan memang bagus.


Aku sendiri, jauh lebih mudah mengikuti jalan cerita yang disuguhkan film Korea daripada film Jepang. Terutama adegan lucunya. Kalau untuk film Tiongkok, karena selalu ada isu propagandanya, aku jadi agak malas menontonnya-->>tapi ada juga sih yang keren.

Meski film Asia melimpah, aku sendiri kadang bingung memilih mana yang kira-kira bagus atau layak ditonton. Informasi mengenai film Asia yang bagus masih minim. Apalagi kalau melihat majalah-majalah atau tabloid tentang film Asia yang didominasi warna PINK aku sudah merasa kalah duluan. Bukan film jenis itu yang ingin ku tonton....T_T. Bukan jenis film yang isinya tokoh perempuan dan tokoh laki-laki yang berantem di sepanjang film, kemudian jadian pada endingnya. Hoho...no way!!


Ehm, jadi... apa saja film-film Asia yang layak tonton?? Mmm..ntar deh reviewnya, menyusul....

Dan tentu saja, di antara film-film Horor yang bertebaran di Indonesia, kita punya beberapa film dalam negeri yang tidak kalah keren kok. Meski mungkin kalah di pasaran saat bersaing dengan film Horor, tapi tetap ada film-film indonesia yang kerenn dan layak ditonton. Terus ada juga film-film Eropa, terutama Perancis. Dan baru-baru ini aku menonton film Mexico yang lumayan keren. Surprise lainnya, ada film Iran yang juga cukup bagus. Film jadul, tapi bagus!

Aku penasaran dengan film Jerman. Sampai sekarang belum pernah nonton. Ada yang punya koleksinya?? Kalau punya bagi-bagi doung doung doung doungs....



*lagi sok tahu/seperti biasa