Persona Intikalia: Misteri Kata-kata yang Muncul Tiba-tiba



Sebelum kalian mulai berpikir betapa anehnya judul postingan ini, saya minta kalian membuka google, kemudian coba tuliskan nama saya di kolom pencari. Bagi yang belum tahu nama saya, neh saya kasih tahu: nama saya Huda Tula (bukan nama sebenarnya). Kalaupun kalian enggan membuka google saat ini, berikut adalah hasil pencarian google yang akan kalian dapatkan:


Kalian mengerti maksud saya kan? Blog Persona Intikalia berada di urutan teratas sebagai blog rujukan untuk nama saya: Huda Tula. Meskipun semua orang sudah tahu bahwa hidup ini tidak adil, tapi ternyata google search jauh lebih tidak adil lagi! :(. Identitas saya di dunia maya bukannya mengarah ke blog saya, tapi malah ke blog orang lain. Huhuhuhu....#nangis bawang.

Baiklah abaikan saja dua paragraf di atas (sama sekali ga penting!). Apa yang ingin saya ceritakan di sini adalah tentang Persona Intikalia dimana sang admin; John Terro (bukan nama sebenarnya) telah berbaik hati membuat kan template khusus untuk blog ini. I like it! Terima kasih banyak. *Persetan dengan google search, karena saya suka banget template ini! Sekali lagi, terima kasih banyak John!

Ehm, sesuai judul blog ini: ruMah reView, dengan taglinenya yang selalu ingin mereview apa saja, saya sendiri jadi gatel ingin mereview Blog Persona Intikalia.


Template

Begini, blog yang satu ini selalu punya template yang bikin ngiler. Sekalipun orang-orang bilang don't judge the book by it's cover—a.k.a don't judge the blog by the template, sulit mengabaikan templatenya yang mmm...distingtif. Minimalis dan khas. Dari dulu saya memang tidak pernah menutup-nutupi bahwa saya menginginkan template2 yang dibikin John Terro. Pertama kalinya saya mampir ke situ, templatenya tidak se- colorful yang sekarang. Masih memaanfaatkan huruf-huruf jawa kuno gitu (entah apa namanya). Dan, kalau selama ini kalian perhatikan dan terus ikuti, dalam perkembangan templatenya yang terus berubah-ubah tetap ada ciri khas yang tidak hilang.

Bisa kalian saksikan sendiri kan?

Karena saya tidak terlalu ahli dalam masalah ini, saya hentikan review saya mengenai template nya sampai di sini saja hehehe.

Intikali

Pertama kalinya saya baca kata Intikali, saya kira kata ini terdiri atas dua kata: Inti dan Kali. Saat baca-baca postingannya (serta puisi-puisinya), dengan serampangan saya pun menyimpulkan maksud dari intikali adalah; semacam cinta yang diam-diam. Jenis cinta yang tak terkatakan dan hanya bisa dinikmati sendirian, sampai-sampai membuatmu gila. Jika kehidupan ini adalah sungai, maka seorang intikalis adalah mereka yang bergerak di dasar sungai (inti+kali), yang mengagumi dari bawah. Tak terlihat. Rahasia.

Tapi ternyata saya salah, hauhauahauahau.....

Intikali bukan berasal dari kata inti dan kali. Sama sekali tidak ada hubungannya dengan sungai dan kali manapun. Intikali, kalau kalian cari di kamus adalah kata dalam bahasa Turki yang berarti: peralihan. Peralihan yang bagaimana? Beuh, mana saya tahu. Lagian, si John ternyata tidak membongkar kamus Turki dan menemukan kata ini. Justru kata inilah yang menemukannya lebih dulu. 

Dalam suatu fase hidupnya, kata ini tiba-tiba menyeruak dan menghampirinya secara tiba-tiba. #hasyaaah... bahasa ku lebay banget yak?

Tapi jujur saja saya tidak terlalu terkejut. Hehehe.... Saya pun kadang menemukan (ditemukan) oleh kata-kata aneh. Serangkaian kata yang tak bermakna namun terdengar sangat pas. Kadang saya pun berdo'a dalam bahasa yang tidak saya pahami#ini curcol. Adakalanya saya berpikir, di sekitar kita terdapat begitu banyak bunyi yang tak terhingga dan mengambang di udara. Menunggu pikiran kita menemukan suatu cara untuk mengikat mereka. Menyusun dan membantu mereka menemukan bentuk. Kemudian lahir sebagai kata-kata.

Arti dan Eksistensi

Apakah setiap kata harus memiliki arti? Apakah setiap keberadaan harus memiliki tujuan? Saya tidak tahu. Saya malah jadi teringat dengan film Korea yang pernah saya tonton: I'm a Cyborg but That's Okay. Di mana seorang gadis di rumah sakit jiwa yang meyakini dirinya Cyborg berkata: “I wish I had one purpose for my existence too...” ujarnya dengan sedih sebelum ia jatuh tertidur.

Apakah kata Intikali harus memiliki arti? Apakah tanpa definisi, intikali tak berarti apa-apa? Apakah setiap kata harus memiliki fungsi dalam bahasa sehari-hari kita? Kadang beberapa hal terlalu besar untuk dijelaskan. Kadang definisi akan menciutkan eksistensi. Kadang kita biarkan saja sesuatu bagaimana adanya. Jangan terlalu kau ambil pusing. Apapun yang kau pikirkan tentang intikali, intikali tetaplah intikali.



#Halah apaan sih! Pasti yang bersangkutan ngakak baca tulisan ga jelas ini. Atau mungkin mual? Sebelum tulisan saya menjadi tambah ngawur, jauh lebih baik kalau kalian kunjungi sendiri blognya; the one and only: Persona Intikalia. Sekali lagi terima kasih banyak atas Templatenya. Jiaaaaah, I'm so happy, terima kasih-terima kasih....^^



.

Komentar

  1. Cieeeh cieehh.. yang templatenya ganti. bagus euy, sekarang lebih sejuk ijoo gitu.

    hemm akui saja kalo kamu terkenal karena persona intikalia. hahaha.. *ups.

    #buru-buru ngabuurr

    BalasHapus
  2. Gaphe@
    wooo udah g hiatus lg bang? hiatus lagi dung2 hehehehe #dikeplak

    >>iya baiklah saya akui, dapat keuntungan juga sebenernya, hahahahaha

    BalasHapus
  3. huda...mupeng liat templatemu...keren banget. apalagi hijau. bikin ngiler...:(

    lha??Huda Tula bukan nama sebenarnya toh? trus itu nama sapa??hehhe

    BalasHapus
  4. nova@
    baru inget, nova kamu penggemar warna hijau y? hehehehe

    beuh, rahasia!

    BalasHapus
  5. bagus loh templatenya. aku paling suka sama kucing yg ada di pojok kanan atas itu. :)

    BalasHapus
  6. mungkin karena trafficnya kalah ya hud sama blog bersama itu hahahaaaa..... semoga ntar huda tula nyambung di blog ini ya....

    BalasHapus
  7. cho@
    hee keren kan? haik haik

    ninda@
    iya, emang blognya dia PR nya dah 2. aku ga serius ko di paragraf awal itu, hehehe.

    trims kunjungannya

    BalasHapus
  8. kayaknya Huda itu ada hubungan khusus deh ama si John.... hehehhe

    BalasHapus
  9. Rahasia, kata yang sering diucapkan John kalau ditanya2...hadehhhhh tu anak

    template ijo royo, adem :)

    BalasHapus
  10. btw artinya malah semakin rancu yah intikali itu. peralihan? peralihan apaan??? ckckkck.....


    btw nama huda tula itu nama siapa kalo bukan nama kamu boss??

    BalasHapus
  11. Wah, itu berarti secara SEO blog ini kalah dengan blog Intikali. Mungkin! :)

    Saya sempat nginguk (lihat) sebentar ke blog yang dimaksud. Templatenya mirip dengan blog ini. Tapi saya lebih suka pemilihan warna yang disini, hijau. Menurutku lebih teduh di mata. He He He

    BalasHapus
  12. beh .. saya masih berusaha memahami apa itu intikalia .. baca beberapa postingan yg di tunjukan john juga gak banyak membantu ..

    templatemu apik hud ...
    mirip Yahoo Koprol .. hehehehe ...

    BalasHapus
  13. Templatenya kereeennnnn.....Suka sama headernya. #mupeng

    aku penasaran, apa sih itu intikali.

    menurutku sebuah kata gak selalu memiliki arti, tapi sebuah kata ada dan bisa muncul dalam pikiran kita karena memiliki "makna"

    BalasHapus
  14. john terro memang blogger terkenal, sampai aku kasihan sama blogger john yg satu ini

    http://johnious.blogspot.com/

    seganteng apapun john pantau tetap ga bisa mengalahkan john terro :D

    BalasHapus
  15. ni gw baca sambil garuk2 kepala & mengerutkan jidat, bingung gw soal intikali intikali itu. jd intikali itu tetap tidak terdefinisi ato bagaimana? hedeeeeh.... pusing akika cyiiin....

    BalasHapus
  16. Definisi template bagus menurut saya: ringan saat dibuka, dan cepat loadingnya. Blog ini memenuhi kriteria itu. Jadi saya pun suka mampir ke sini.

    Tapi sekarang saya khawatir. Jangan2 nanti kalo saya searching nama saya di Google, ntar malah blog ini yang nangkring di urutan teratas. :D

    BalasHapus
  17. Setuju ma Gaphe, uhuy lebih sejuk masuk sini oiii..

    yah, nama samaran yah..hem lebih tepatnya nama pena dan gue bertanya2 mengapa orang lebih emmilih nama pena dibanding nama asliii

    BalasHapus
  18. mb Tiwi@
    Hush! bakat ngegosip jangan dibawa ke sini... :P

    Ajeng@
    hahahaha...

    yups, templatenya TOP.

    Nuel@
    hahaha..lha aku juga ga ngerti intikali itu apa, hehehe

    ^^

    BalasHapus
  19. Joko Sutarto@
    iya mas, saya ga ngerti SEO si, hehehe. Tapi tidak apa-apa juga. pengunjung blog ini rata-rata teman blogger, heee

    Hoedz@
    hehehe, iya saya saya juga ga terlalu mengerti, hehehe

    templatenya emang bagus! :)

    Ika@
    :)

    r10@
    hahaha, sudah terkenal y?
    coba saya saya kunjungi s John Pantau kalau gtu...

    Mila@
    Yups, tetap tidak terdefinisi!#sokyakin

    Hoeda Manis@
    wohoo...makasi mas Hoeda. tulisan2nya peyan keren2! jadi ga perlu kuatir, hehhehe.

    Rose@
    kenapa ya?
    ga cuman di blog, di FB juga banyak yang ga pakai nama aslinya.
    tanya kenapa..?

    BalasHapus
  20. template yang imut...seperti orangnya.... wakaka... *emang orangnya kayak apa?*

    BalasHapus
  21. aina@
    haha makasi >.<*

    *siapa? aku? aku ganteng! #langsung pada muntah

    BalasHapus
  22. Selamat template barunya^^

    si jon emang suka banget bikin istilah kayaknya..

    BalasHapus
  23. Yen@
    terimakasih terimakasih...hehehe

    sebentar-sebentar, kamu pakai template ini juga y? aku buka di profilmu, cas de la memoire pakai template ini ^^, hehehe

    semangaaat!#ga nyambung

    BalasHapus
  24. ah bukan.maksudnya blog itu mau dijadiin blog bengkel.si jon pelit sih, aku disuruh utek2 sendiri, dan aku dengan pede nya bikin.hasilnya cuma bisa mengubah 'cari apa bro?' menjadi 'cari apa kawan?' yang sebenernya bisa diganti pake fitur dr blogger, hahaha.

    #berasa bego

    BalasHapus
  25. iya huda, aku suka banget hijau:D

    yaaahhhh...kecewa:(

    BalasHapus
  26. yen@
    hahaha.. aku aja kemarin ditutorin sama si Jphn sewaktu masang template ini.

    salam gaptek... :)

    Nova@
    hehehehe

    BalasHapus
  27. cakep iiihhh.. >,<

    templatenya looh..bukan mas hudanya, hahahah ^^v

    itu gambar apaan yak di pojok kanan? kucing ya mz?
    jadi ngiri ih,pengen dibikinin juga...

    #siap2ngerayu

    BalasHapus
  28. rabest@
    hahaha, buruan sana rayu si John, mumpung dia lagi baik. :P

    JT@
    heeheheh

    BalasHapus

Posting Komentar