kesenangan tanpa rencana

.

Beberapa waktu yang lalu, saya pernah membuat semacam rencana untuk mengisi akhir pekan saya di dunia blog. Setelah dua bulan tidak pernah up date lagi, saya pikir bakalan asik juga untuk comeback ke belantika blog dunia #hallaah. Pakai so'-so'an nulis di status FB pula. Untungnya status saya mengenai update blog itu cuma direspon oleh satu orang, hehehehe.

Sekarang saya sendiri lupa bagaimana persisnya rencana itu tidak terlaksana. Tahu-tahu sudah berganti mainggu dan blog ini belum juga diupdate. Tapi sekarang, hier ayem... tiba-tiba disergap oleh layar monitor bertuliskan new entri. Semuanya memang tanpa rencana. Dan saya pikir, kenapa tidak langsung memposting sekarang juga, secara spontan? Menulis apapun yang ingin saya tulis. Sesuai judulnya, kesenangan tanpa rencana.

Kalau dipikir-pikir nih, lebih banyak kesenangan yang menghampiri kita dalam hidup ini dengan tiba-tiba. Kadang, membuat rencana sebelumnya hanya mengurangi kesenangan yang kita dapat. Misalkan nih, suatu hari kamu merencanakan sebuah acara liburan dengan temanmu, atau keluagamu, atau gengmu, atau pacarmu. Tapi saat hari H-nya tiba, rencanamu yang sempurna tidak terlaksana. Alih-alih menikmati acara liburannya, kamu malah sibuk mengeluhkan segala hal yang tidak berjalan sesuai rencana.

Well, mungkin hal-hal semacam itu tidak selalu terjadi. Kita juga tidak bisa memukul rata kalau segala bentuk rencana akan merusak kesenangan. Bahkan ada kalanya, membuat rencana adalah kesenangan itu sendiri. Teman-teman (khususnya yang pernah aktif di organ) pasti pernah mengalami masa-masa ketika acara rapat begitu menyenangkan. Terutama dalam rapat-rapat awal merencanakan sebuah event. Banyaknya kemungkinan yang terbentang membuat kita bersemangat. Kita merasa begitu kaya oleh kemungkinan-kemungkinan itu. Belakangan, ketika ragam ekspektasi tadi terbentur dengan keterbatasan barulah mulai terasa beratnya. Biasanya sih, satu-persatu panitia yang bersemangat tadi akan undur diri, kadang mendadak menghilang, dan baru muncul saat hari H. After all, kadang saat penutupan, bisa saja hasilnya lebih dari yang direncanakan sebelumnya, dan ini pun bisa menjadi kesenangan tambahan.


Jadi?

Jadi sepertinya, kesenangan itu bisa direncanakan dan bisa pula tidak. Kesenengan itu independen. Ia bisa saja muncul beriringan dengan rencana-rencana yang kita susun. Tapi bisa saja kesenangan itu muncul dalam bentuk kejutan. Ia bisa saja tiba-tiba berdiri di ujung jalan yang kamu tempuh malam ini #hatsyaaaah. Kalau kata orang bijak sih, manusia yang merencanakan, Tuhan lah yang menentukan. 

Tidak apa-apa kita bersenang-senang dengan rencana-rencana, tapi jangan lupa, hidup ini penuh kejutan!







Komentar

  1. hhohoo, akhirnya update juga nih..

    kdg meski rencana senang2 itu gagal tetep terganti dengan hal yang lebih asik, hehe..jadi ya tetep senang..

    BalasHapus
  2. terserah kesenangannya deh, mau dateng kapan... :D

    BalasHapus
  3. hmm ... bener juga sih
    terkadang kita senang karena hal kecil
    dan tanpa perencanaan :P

    BalasHapus
  4. mustinya sih hidup itu bsa di isi dengan rencana rencana, karena dengan adanya rencana kita jadi merasa punya semangat dalam ragam kesibukan kita sendiri. Kalau gak ada sama sekali rencana2 itu heem lantas kita mau membawa hidup ini ke mana saja.

    BalasHapus
  5. betul-betul setuju
    biasanya saya suka apa2 dadakan tp kecuali hal penting ya mesti terencana

    BalasHapus
  6. Yeaaay... Akhirnya update blog juga! Sering-sering update blognya doms. :D

    BalasHapus
  7. aku pikir tadi bakal baca pengalamanmu yg menggembirakan karena batal ngeblog-nggak tahunya dikasih kejutan gini!~

    lama-lama baca tulisanmu ada aura yg beda deh Hud..."

    aku pengen beli bukumu yg kucing ama aroma jahe belum terbitkah?!

    BalasHapus
  8. kalo saya nggak mau rencana'in kesenangan, tapi menciptakan-nyah... :P

    welcome back home...cmiww ~^3^~

    BalasHapus
  9. aku kemarin juga nulis di status FB, mau ngelanjutin postingan berseri. tapi malah nulis cerita lainnya :) pokoke ngalir dah qe3 salam

    BalasHapus
  10. Ennylaw@
    ehm,iya juga kadang, berganti dengan hal yang lebih asik, jadi yaa tetap senang...

    Yus Yulianto@
    yep, terserah ajalah. ga selamanya kesenangan bisa diusahakan.

    Iskandar Dzulkarnain@
    sudah ganti nama ya?? john terro nya kemana?

    Yayack Faqih@
    yep, bagaimanapun juga rencana memang penting kok... Ga asik juga kalau hidup diisi dengan makan dan tidur mulu#menyindir diri sendiri.

    btw, gud luck untuk proyek melukismu! :)

    Ria Nugroho@
    yak, setuju juga. Hal-hal terpenting harus tetap direncanain dulu. terutama masa depan, heheheh.

    Kimi@
    yaaay, tanks kim! maunya saya sih begitu, heeee

    Ajeng@
    eh, aura apa? aura kasih? apa aura kasur? hehehehe. kapan teritnya ya? naskahnya aja belum jadi. kalau bukuku terbit, kamu ga usah beli deh#promise.

    KoskakiUngu@
    :))

    Inung Gunarba@
    qeqeqe, yang penting ngalir dulu aja gitu ya mas? salam juga..

    BalasHapus
  11. "Untungnya status saya mengenai update blog itu cuma direspon oleh satu orang"

    -__-

    BalasHapus
  12. kalau saya, entah yah lebih suka dengan sesuatu yg spontan. tanpa rencana... dan sejauh ini memang tidak bermasalah.

    tapi walau begitu saya pun punya banyak rencana dlm hidup saya dong

    #ini komen apa curhat?!
    hihi...

    BalasHapus
  13. seperti biasa, postingannya Huda pati deh selalu penuh wisdom. hahaha.... gue suak kata-kata terakhir.... boleh2 aja sih sih berencana, tapi hidup penuh kejutan... kereen kakaaaak... hahhahhaa

    BalasHapus
  14. biarin mengalir aja deh
    mau nulis dimanapun yang penting halal dan minumnya...

    haha maap malah ngiklan

    BalasHapus
  15. akhirnya posting juga yah.. walopun sejujurnya gw ga ngerti ini tentang apa hahaha.. *kaboorrr

    BalasHapus

Posting Komentar