Film Korea Yang Layak Kamu Tonton


Yak, sudah lama tidak membahas film. 

Kali ini saya mau ngasih list-list film Korea yang menurut saya keren dan layak ditonton. Banyak orang yang tidak tertarik nonton Film Korea karena film-film Korea sering diidentikkan dengan film drama romantis yang cengeng (klise pulak). Kenyataannya banyak sekali film Korea yang benar-benar bagus dan steril dari klise. Sampai sekarang, menurut saya, untuk wilayah asia film-film dari negeri gingsenglah yang paling bagus. Entah kenapa film-film dari negeri tirai bambu tidak sekeren dulu lagi. Ayo dong, Zhang Yimou bikin film lagi.

Daripada kebanyakan intro, berikut adalah list film Korea yang menurut saya layak ditonton. Siapa tahu ada yang belum kalian tonton.


Mother (2009)



Saat filmnya dimulai, kita akan melihat seorang ibu berjalan di sebuah padang rumput. Bajunya lusuh dan kotor. Kemudian ada musik yang terdengar dari kejauhan. Terus si Ibu ini tahu-tahu menari. Sarap? Enggaak. Sampai filmnya berakhir kita tidak tahu siapa nama ibu ini—diperankan oleh Kim Hye-Ja. Yang pasti dia adalah seorang janda yang hidup dengan menjual herbal tanpa izin. Hidup berdua saja dengan anaknya yang idiot bernama Do Joon—dimainkan oleh Won Bin.

Suatu hari terjadi pembunuhan di kota kecil itu. Mayat seorang gadis SMA diletakkan seperti jemuran di sebuah bangunan terlantar. Peristiwa ini langsung membuat seisi kota shock. Singkat cerita, si Do Joon menjadi tersangka utama atas pembunuhan ini. Nah, tentu saja ibunya tidak percaya. Karena polisi enggan melakukan investigasi lebih lanjut, si Janda ini pun kemudian menyelidiki sendiri dengan segala upaya dan kemampuannya yang terbatas. Filmnya cukup mengaduk-ngaduk perasaan. Klimaks film ini juga sangat-sangat aaaargh.... Sumpah, yang bikin film ini cerdas banget. Sebuah drama thriller yang tidak hanya menampilkan kasih sayang seorang ibu, tapi juga ketegangan ala film thriller yang bikin penasaran.



Old Boy (2003)



Yak, film yang diproduksi sepuluh tahun yang lalu ini sangat layak untuk ditonton. Apalagi tahun ini bakalan dirilis versi Hollywoodnya dengan Will Smith yang bakal jadi pemain utamanya. Poster filmnya bahkan sudah beredar dan tidak jauh berbeda dengan poster versi aslinya.

Ceritanya? Hmmm.. menurut saya, film ini bukan jenis film yang perlu diceritakan. Harus ditonton langsung, hehehe. Filmnya sendiri gelap, surealis, tapi juga penuh komedi. Disutradarai oleh Park Chan Wook. Film ini sudah lama sekali saya tonton dan cukup sulit untuk dilupakan.


A Bitter Sweet Life (2005)



Kalau kamu penggemar Quentin Tarantino, film Korea yang satu ini sangat-sangat Tarantino. Bahkan diposternya sampai dipasang quote dari Daily Star: “Makes Quentin Tarantino seem like a rank amateur”. Menurut saya quotenya agak lebay. Dengan tema balas dendam, beberapa adegan di film ini akan mengingatkan kita dengan Kill Bill. Lengkap dengan darah-darahnya dan tokoh utama yang tahan banting. Salah satu bagian favorit saya adalah saat si Kim membeli senjata dalam rangka aksi balas dendamnya (kocak abis).

Secara keseluruhan, film yang satu ini sangat layak buat ditonton. Sesuai judulnya; a bitter sweet life, film ini menampilkan cinta yang 'dingin', kekerasan yang lumayan brutal, dar der dor dar der dor, karakter yang kadang tolol dan komikal, dan jangan abaikan musik pengiringnya. Terutama saat film ini ditutup dengan permainan cello dari si Hesoo. Sangat sentimental. Sebentar-sebentar kita tertawa, sebentar-sebentar kita tersentuh, sebentar-sebentar kita bergidik#halah.


Secret Reunion (2010)


Mengingat sekarang hubungan antara Korsel dan Korut sedang bersitegang, tidak ada salahnya mencoba film yang satu ini. Bercerita tentang seorang mata-mata dari Korea Utara, Ji-Won, yang menyamar dan hidup sebagai warga sipil di Korea Selatan. Kamudian karena penghianatan salah satu temannya, dia malah menjadi target kedua negara. Sementara di lain pihak, Lee Han Gyo, adalah polisi dari Korea Selatan yang menangani kasus  pembunuhan sepupu kedua dari Kim Jong Il. Well, si Lee dianggap gagal mencegah terjadinya pembunuhan kemudian dia dipecat. 

Enam tahun kemudian, polisi Lee yang sudah bukan polisi lagi menjalani kehidupan yang kacau. Aslinya sih, dia memang urakan. Dia membentuk sebuah agency pencarian istri-istri yang kabur dari rumah. Kemudian lewat suatu kejadian, dia bertemu lagi dengan Ji-Won. Makanya judulnya secret reunion. Filmnya keren loh. Ga nyesel nonton yang satu ini.


The Quiz Show Scandal (2010)


Susah banget nemu poster yang bagus untuk film ini. Awalnya saya ga tertarik untuk nonton filmnya. Tapi istilah don't judge the film by it's poster sepertinya berlaku untuk film yang satu ini. Ceritanya yang kocak berawal dari sebuah kecelekaan absurd melibatkan empat mobil di sebuah jalan tol. Pasalnya, kecelakaan ini dipicu oleh seorang wanita yang melompat bunuh diri. Sewaktu dibawa ke kantor polisi dan mayat wanita tersebut diperiksa, polisi menemukan sebuah flash disk di dalam tasnya. Flash disk ini kemudian dicek--dan disaksikan oleh orang-orang yang terlibat dalam kecelakaan, dan ternyata flash disk ini berisi kunci jawaban untuk soal ke 30 dari sebuah acara quiz di TV. Selama ini tak ada yang pernah berhasil menjawab sampai soal ke 30 dan membawa pulang hadiah 10 miliar.

Selanjutnya bisa ditebak, orang-orang yang terlibat kecelakaan ini, dari berbagai jenis latar belakang; mulai dari sales hape, guru bahasa perancis, gangster, sampai polisi, langsung mendaftar ikut kuis tersebut. Lalu pertanyaan berikutnya, siapa wanita yang bunuh diri ini? Kenapa dia bunuh diri? hmm...


Memoires Of Murder (2003)



Bersetting tahun 1986 film yang satu ini berdasarkan kisah nyata. Alkisah, di sebuah kota kecil provinsi Gyunggi Korea, terdapat kasus pembunuhan berantai. Yang menjadi korban adalah gadis muda di kota tersebut. Oleh polisi lokal Park Doo Man--yang cenderung bodoh--investigasi dilakukan dengan brutal. Sampai kemudian datanglah polisi dari kota, lebih muda dan lebih berpendidikan, Seo Tae-yeon untuk membantu pekerjaan mereka. Metode Seo Tae-yeon jauh lebih beradab. Dia lebih sabar mengolah clue satu persatu untuk memecahkan pelaku pembunuhan yang sebenarnya. Ketegangan antara polisi beda generasi dan beda latar belakang ini mewarnai sepanjang film.

Oke, mungkin secara garis besar ceritanya terdengar biasa. Soal dua polisi beda generasi yang bersitegang memecahkan sebuah kasus  sudah sering diangkat ke layar lebar. Mungkin yang membuat film ini menarik adalah kesuraman yang terus terjaga sampai akhir film. Lagipula kalau mengharapkan sesuatu yang benar-benar baru dari film rasanya sulit. Gaya bercerita film ini lah yang menurut saya bagus.



The Chaser (2008)



Sampai kemudian saya menonton film ini, saya pun sadar kalau ternyata banyak film Korea yang mengolok-olok kepolisian mereka (di Secret Reunion juga). Terutama di film yang satu ini. Film thriller yang menegangkan namun menjadi lucu karena polisi lewat film ini diolok habis-habisan. tokoh sentralnya adalah seorang mantan polisi bernama Eom Joong-ho yang mencari penghidupan dengan menjadi bandar PSK. (Bandar untuk pekerja Seks Komersil istilahnya apa sih?). Dua 'perempuan'nya menghilang secara misterius. Si Eom Joong-ho ini curiga kalau mereka dijual oleh salah seorang pelanggan.

Hingga pada suatu hari, ia mengirim Mi Jin untuk melayani pelanggannya. Belakangan Eom Joong-ho baru sadar kalau pelanggan yang baru saja memesan Mi Jin adalah pelanggan yang memesan dua perempuan sebelumnya. Maka dia pun menghubungi polisi--teman-teman lamanya--untuk menangkap pelanggan yang dicurigai itu. Tapi eh tetapi, kepolisian saat itu tengah sibuk menghadapi kasus yang jauh lebih besar. Film thriller ini seru, lucu, dan penuh drama.



The Good, The Bad and The Weird (2008)



Yak, sampailah kita pada penutup list. Mungkin ada yang merasa akrab dengan judulnya, karena film ini adalah adaptasi bebas dari film lawas yang dibintangi Clint Eastwood, The Good The Bad and The Ugly (1966). Tapi saya juga tidak bisa membanding-bandingkannya dengan film tersebut karena belum nonton. Anyway untuk film yang satu ini, saat dirilis langsung jadi film paling laris di Korea--bersaing dengan The Chaser saat itu.

Filmnya koboi abis, bersetting gurun di Manchuria 1930. Ada tiga orang, yang berebut peta menuju sebuah harta karun. Eit, cuma dua ding yang memperebutkan peta itu. Soalnya si The Good, lebih tertarik untuk menangkap buron, yakni si The Bad. Kemudian lewat kolaborasi yang aneh si The Good bekerja sama dengan si The Weird. Terus, apakah harta karunnya benar-benar ada? 

Film ini hampir seratus persen hiburan. Penuh aksi dan komedi. tapi ada juga bumbu-bumbu nasionalisme (Korea) di dalamnya. Sebagai hiburan, film yang satu ini asik banget.

***


Sekian list film kali ini. Selamat berakhir pekan saudara-saudara....

Komentar

  1. seperti biasa, belum ada yg tak tonton, hehehe tapi semuanya bikin penasaran... apalagi yg mother sama yg quiz itu..

    istilah bandar PSK itu germo bukan sih?

    BalasHapus
  2. ah iyaa.. istilahnya germo#tepokjidat.

    the quiz show scandal kocak bgt loh. Mother juga keren abis.

    BalasHapus
  3. pasti keyen...kan ada abang wonbin.. XD

    BalasHapus
  4. no 1 recomend banged dah. coz baru ini yg pernah sy nonton. wakakakakkak... tp sumpah keren bued. won bin mantab poko'e. ada 1 lgi filmnya yg keren, judulnya ahjussi klo bukan "the man next door". dia jd bekas agen yg jd bad boy plus anti sosial gegara keluarganya dibantai. tp se-bad boynya dia, tetap ja menolong anak kecil yg jdi korban mafia. keren dah

    BalasHapus
  5. Ternyata Korea gak identik dengan drama menye2 yah? Alurnya menarik juga... Berharap aja deh diputar di Indonesia... Hehehe

    Oh ya, bandar PSK itu, setahuku, disebutnya mucikari atau muncikari....

    BalasHapus
  6. kalo nggak salah pernah nonton mother bbrp tahun lalu.

    bikin perasaan campur aduk.

    btw film-film thailand belakangan ini juga mulai bagus-bagus lho kak.

    have you watched some?

    BalasHapus
  7. dari semuanya yang udah gua tonton cuma old boy doang, hehehe...

    BalasHapus
  8. rabest@

    katanya sih, si won bin emang pemilih kalo main film. cuman mau main di film bagus doang. g tw juga itu kata siapa (lupa baca dimana)

    Asriani Amir@

    the man next door itu, bukannya the man from nowhere yah? Kalo yang the man from nowhere emang keren sih. coba nanti aku cari the man next door...

    Imanuel@
    Yep. sebenarnya aku dari dulu mengenal film korea lewat jalur lain #tsaah jalur lain. Maksudnya sebelum gembar-gembor drama korea, aku malah kebanyakan nonton yang thriller.

    Iskandar Dzulkarnain@
    sebenarnya genrenya beda-beda kok. yang mother lebih ke drama, yang thriller; the chaser sama memoires of murder. Bitter sweet life genrenya lebih ke action.

    AuL Howler@
    Aku sudah mencoba menonton beberapa film Thailand, dan sampai sekarang kok ga ada yang nyantol yak? ato mungkin AuL punya judul yang bisa direkomendasiken?

    Ellious Grinsant@
    Old Boy emang keren

    BalasHapus
  9. waah knp baru skrg ngreviewnya film Korea2 ituuuu...aku loh kalau ditanya mbakku apa film Korea yg bagus-suka asal njawab :D

    semuanya blm prnah nonton, soale yg kebanyakan ku tonton yg serial laga pedang-pedangan. Mau download yg ada komedinya dulu ahhh, lagi butuh hiburan #skripsi

    BalasHapus
  10. Ajeng@
    coba yang the quiz show skandal atau film yan terakhir di list. filmnya menghibur banget. Sukses buat skripsimu Ajeng! Ganbatte!

    BalasHapus
  11. aamiin ya Rabbal'alamin...makasih Tulaaa-kemarin yg udah ke download mother ama triple the :D

    eh di Jogja dipake syuting film orang Korea tadi aku baca2, tapi variety show sih...

    BalasHapus
  12. beh, belum pernah nonton semua, aku ngopi dunk bangggg.. #gimanacaranya :))

    btw template-nya...ini minimalis apa pelit? wkwkwk
    kayaknya search bar nya mending dihapus aja deh, jelek kalo dibawah gitu, menurutku sih

    BalasHapus
  13. Belum ada satupun yang aku tonton.
    Makasih banget utk infornya ya... tapi sepertinya gak semua menarik minatku sih.

    BalasHapus
  14. Ajeng@
    iya, aku sempat dengar beritanya di radio. tapi ga tertarik kalo reality shownya korea.

    YeN@
    ngopi ya, ke warung kopi :P

    search barnya sudah kuhapus tuh. Kayanya jarang digunakan juga. Lagi bingung cara bikin laman khusus buat arsip. gimana ya?

    Catatan kecilku@
    terima kasih atas kunjungannya mb
    ^^

    BalasHapus
  15. wah aku juga pengen bikin halaman arsip. udah google sih, adanya yg dikelompokkan berdasarkan label bang. padahal aku pengen yg berdasarkan bulan kayak punya jon. sepertinya aku harus tanya dia, mungkin sampeyan juga haha
    ato mau yg berdasarkan label aja?

    BalasHapus
  16. YeN@ yang berdasarkan label kaya gimana tuh? kemarin aku nyoba tapi ga berhasil. pengennya si yang berdasarkan bulan saja.

    Mudah-mudahan Intikali bikin posting soal cara pasang laman arsip.. hehehe

    >>Udah pernah ngoba bikin template sendiri, YeN?

    BalasHapus
  17. kalo yg berdasarkan label bentuknya kayak sitemap yg diblogku, kalo mau ntar aku kirimin caranya

    aamiin, tapi rasanya kalo ga diminta dia ga bakalan bikin mas

    ini masih dibikin templatenya hehe

    BalasHapus
  18. YeN@
    wkwkwkwk, aku nyoba bikin template tapi ternyata syusyaaah T.T. Yo wislah...

    BalasHapus
  19. film horror korea ada ga sih?

    kayaknya cuma horror film thailand/jepang yang bagus

    BalasHapus
  20. r10@ banyak kayanya. tapi ga ada yantol, hehehe. kurang suka horor. sejauh ini film horor yang benar-benar saya sukai cuma The Ring (tapi yang versi hollywood/yang jepang kurang suka)

    BalasHapus
  21. film korea hide and seek..bgs skli filmx gan...coba deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah oke, nanti ta' cari. Sudah lama juga ga nonton film korea.

      Hapus
  22. Ada yg pernah nonton film korea inti cerita tentang sepasang suami istri yg pingin bgt punya anak, setelah si istri hamil ternyata janinnya bermasalah, kalau ga salah dia bakal lahir cacat tnpa otak. Nah mereka harus pilih aborsi atau tetep dipertahankan tp bayinya tetap ga akan bertahan hidup lama.
    Ada yg tau judulnya ga?

    BalasHapus
  23. Ada yg pernah nonton film korea inti cerita tentang sepasang suami istri yg pingin bgt punya anak, setelah si istri hamil ternyata janinnya bermasalah, kalau ga salah dia bakal lahir cacat tnpa otak. Nah mereka harus pilih aborsi atau tetep dipertahankan tp bayinya tetap ga akan bertahan hidup lama.
    Ada yg tau judulnya ga?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Film Asia yang Tak Terlupakan

Sandikala